PB IDI Berikan Tips Jaga Kesehatan Selama Liburan di Tengah Musim Pancaroba

PB IDI Berikan Tips Jaga Kesehatan Selama Liburan di Tengah Musim Pancaroba

Ketua Umum PB IDI DR Dr Moh. Adib Khumaidi, SpOT bagikan tips kesehatan pada masyarakat--PB IDI

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Libur panjang perayaan Idul Fitri tahun ini terjadi di tengah musim pancaroba.

Musim ini identik dengan perubahan cuaca mendadak ini dapat berdampak bagi kesehatan masyarakat, khususnya mereka yang melakukan perjalanan jauh.

Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga kondisi tubuh dengan membagikan tips pencegahan dan persiapan selama perjalanan. 


Ilustrasi. BMKG meminta masyarakat terutama pemudik untuk waspada karena potensi cuaca ekstrem masih membayangi masa mudik lebaran 2024-Bing Image, AI Generated-

Ketua PB IDI, Dr dr Moh. Adib Khumaidi, SpOT berpendapat bahwa masyarakat harus menerapkan kewaspadaan dini selama musim pancaroba.

“Perubahan cuaca yang drastis dari panas terik ke hujan atau sebaliknya dapat membahayakan kesehatan kelompok rentan seperti anak-anak, lansia, ibu hamil. atau orang ang kondisi tubuhnya kurang fit,” tuturnya.

BACA JUGA:Anjurkan Pemudik Jaga Kondisi Jelang Idulfitri, Edy Wuryanto: Kesehatan Jadi Faktor Penting

Berikut rangkuman tips dari PB IDI untuk menjaga kondisi fit tubuh selama melakukan perjalanan.

1. Lakukan vaksinasi flu dan COVID-19

Vaksinasi dapat dilakukan 1 atau 2 minggu sebelum melakukan perjalanan. Hal ini bertujuan untuk melindungi diri dan mengurangi penyebaran virus ke orang lain. Tidak hanya flu, jangan lupa juga untuk lakukan vaksinasi booster. 

Meski kasus COVID sudah menurun, namun penyakit ini tetap ada. Penting untuk melindungi diri dengan melakukan vaksinasi.

Bagi masyarakat umum diluar kriteria kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah, vaksinasi COVID Mandiri (berbayar) dapat diperoleh melalui layanan klinik dan rumah sakit yang menyediakan

2. Siapkan perlengkapan kesehatan untuk perjalanan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: idi