PB IDI Berikan Tips Jaga Kesehatan Selama Liburan di Tengah Musim Pancaroba

PB IDI Berikan Tips Jaga Kesehatan Selama Liburan di Tengah Musim Pancaroba

Ketua Umum PB IDI DR Dr Moh. Adib Khumaidi, SpOT bagikan tips kesehatan pada masyarakat--PB IDI

Barang yang perlu disiapkan meliputi obat-obatan pribadi yang rutin diminum. Selain itu, siapkan pula obat darurat seperti obat luka, obat pereda demam dan nyeri, dan pembersih luka.

Selain itu, jangan lupa membawa perlengkapan sterilisasi seperti tisu basah, hand sanitizer, sabun, dan masker. Gunakan masker jika dirasa tubuh mengalami gejala flu atau baru sembuh dari penyakit.

3. Perhatikan kondisi tubuh

Apabila tubuh dalam kondisi kurang fit, jangan paksakan diri untuk melakukan perjalanan jauh. Tetap pertimbangkan keselamatan anda selama berpergian. Rencanakan dengan matang aktivitas perjalanan anda, sehingga dapat memperhitungkan dengan kemampuan kesehatan pribadi.

Jangan lupa pula untuk tetap menjaga hidrasi tubuh dan tidur yang cukup. Jangan sampai kekurangan cairan dan cukup istirahat supaya bisa tetap konsentrasi dalam perjalanan terutama saat perjalanan darat.

4. Cek berkala informasi tentang perkembangan penyakit daerah tertentu

Tidak ada yang tahu pasti ada atau tidaknya penyebaran penyakit mendadak di daerah tertentu. Maka dari itu, pantau terus informasi dari instansi kesehatan dan pemerintah terkait perihal penyakit tersebut.

BACA JUGA:Terapi Seluler, Terobosan Baru untuk Kesehatan Tulang

Setelah menerapkan kiat-kiat diatas, semoga masyarakat dapat menikmati masa libur panjang dengan sehat. PB IDI berharap agar perjalanan yang akan dilakukan oleh masarakat baik jauh maupun dekat dapat berjalan dengan lancar dan terhindar dari hal yang tidak diinginkan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: idi