Brawijaya Awards: Rute Sudah Dibagi, Empat Tim Siapkan Diri

Brawijaya Awards: Rute Sudah Dibagi, Empat Tim Siapkan Diri

Penjurian Brawijaya Awards dengan peserta Babinsa se Kodim Lamongan.-Boy Slamet-

PERSIAPAN road show penjurian di lapangan dalam lomba Babinsa Inspiratif Brawijaya Awards makin matang. Empat tim sudah dibentuk dan rute pun sudah disiapkan. Termasuk kesiapan tim juri yang melibatkan akademisi dari Universitas Airlangga dan Kodam V/Brawijaya sebagai pendamping.

Tim juri akan melibatkan videografer untuk mendukung penjurian. Termasuk memublikasikan di akun media sosial Harian Disway. ”Termasuk tim jurnalis untuk menuliskan pengabdian pada finalis,” kata Ketua Pelaksana Noor Arief Kamis, 11 Mei 2023.

Pendapat akademisi juga akan menjadi poin penilaian. Termasuk tujuan dan manfaat program yang sudah dijalankan para babinsa finalis. ”Yang kami tekankan dalam penilaian juga wilayah pengabdian. Wilayah pengabdian harus desa/kelurahan binaan,” lanjut Arief.

Sebenarnya, kalau terkait pemberdayaan ekonomi masyarakat, banyak yang membuka usaha dan menyerap tenaga kerja sekitar. ”Tapi, usaha itu dilakukan di rumah babinsa sendiri. Bukan di kelurahan/desa binaan. Tentu ini akan sedikit mengurangi penilaian,” terang Arief.

Dalam penjurian melalui Zoom, banyak babinsa yang memang punya program andalan. Namun, ternyata itu dilakukan bukan di desa/kelurahan binaan. Malah ada yang beda kota. Antara program yang disertakan dalam lomba dan desa/kelurahan binaan. 

Menurut Arief, dari hasil penjurian online, semua babinsa finalis punya program yang layak dipertahankan. Baik untuk kategori kerukunan antarumat beragama, pemberdayaan ekonomi masyarakat, pemberdayaan pemuda, pelestarian budaya, pendidikan, lingkungan, olahraga, ketahanan pangan, aksi sosial, maupun kesehatan.

Wa Aster Kodam V/Brawijaya Letkol Inf La Ode M. Nurdin mengatakan, pihaknya siap mendukung dan mendampingi tim juri yang akan road show ke jajaran kodim. ”Kami akan membantu kelancaran penjurian di lapangan. Termasuk koordinasi dengan jajaran kodim terkait kegiatan penjurian,” ujar La Ode yang pernah menjabat komandan Kodim Jember itu. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: