Para Pemenang Brawijaya Awards 2023 (3): Serma Eko Wahyudi akan Kembangkan Peternakan

Para Pemenang Brawijaya Awards 2023 (3): Serma Eko Wahyudi akan Kembangkan Peternakan

Ribut Juprianto (dua dari kiri) memawa replika kunci motor listrik sebagai hadiah juara pertama.-Julian Romadhon-

Event Brawijaya Awards 2023 menjadi ajang apresiasi untuk para babinsa. Setelah sebelumnya mereka melakukan kegiatan penjurian Babinsa Inspiratif yang melibatkan para juri dari akademisi Universitas Airlangga dan Harian Disway. Event itu memotivasi mereka untuk terus berkarya.

 

Serma Chairul Hadiansyah, meraih juara dua sebagai Babinsa Inspiratif kategori Peduli Lingkungan. Penghargaan itu ia terima dalam ajang Brawijaya Awards 2023, di Balai Prajurit, pada 24 Juli 2023. Baginya, itu adalah apresiasi dari Panglima Kodam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf dan Harian Disway kepada dirinya. Semangatnya pun semakin terpacu dengan gelar itu.

BACA JUGA:Inilah Para Babinsa Inspiratif Juara Babinsa Awards 2023

"Di balik apresiasi yang diberikan pimpinan ke kami, rekan-rekan babinsa lainnya pun akan melihat kami. Sehingga kami dapat ikut memotivasi mereka untuk berkarya. Pun, kami akan lebih semangat untuk melakukan inovasi pelayanan ke masyarakat di desa binaan kita," kata pria yang bertugas di Koramil 0827/01 Sumenep, Madura itu.

 

Usai mendapatkan penghargaan, ia langsung menghubungi Kepala Desa Kebonagung, Bustanul Affa. Baginya, Klebun –sebutan kepala desa di Madura–, sangat berjasa baginya. Karena, ia telah membantunya dalam menjalankan semua program Babinsa. Terutama dalam pelestarian lingkungan. Karena menyadarkan masyarakat tentang pentingnya kebersihan lingkungan itu tak mudah.

"Dalam menjalankan semua tugas saya sebagai Babinsa, kerja kolaborasi telah saya lakukan. Terutama saat menjalankan program yang telah kami laksanakan. Saya berterima kasih kepada Klebun Kebonagung yang telah men-support saya. Saya menjadi semangat untuk melakukan inovasi baru ke depannya," terangnya.

Peraih juara 1 kategori Aksi Sosial, Serda Ribut Juprianto, tampak semringah ketika namanya disebut. Seperti namanya, Ribut, ia memang dikenal sebagai babinsa yang sangat dekat dengan keributan. 

Ia selalu ada di saat Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Desa Sobontoro mengamuk. Padahal, Ribut bukan dari Dinas Sosial. Apalagi Dinas Kesehatan. Ia hanyalah seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Koramil 0807/02 Boyolangu, Tulungagung.

"Panggilkan pak Ribut," itulah kalimat pertama yang terucap dari rekan-rekannya, saat ada ODGJ yang mulai kumat. Serda Ribut selalu standby 24 jam untuk menangani mereka. Ada puluhan ODGJ yang dibinanya.

Kepedulian mantan anggota Kopassus kepada kelompok ODGJ itulah yang membawanya menjadi juara pada lomba Babinsa Inspiratif Brawijaya Awards 2023. "Saya tidak menyangka dan tidak berharap menang. Yang saya lakukan hanya bagian dari tugas saya sebagai babinsa. Tapi alhamdulillah bisa menang dan dapat penghargaan," katanya.

Tidak lupa ia berterimakasih kepada Pangdam V/Brawijaya dan Harian Disway, atas penghargaan yang diterimanya.

Wajah Serma Eko Wahyudi juga tampak ceria setelah ditetapkan menjadi juara 1 kategori Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat pada Brawijaya Awards 2023. Seusai mendapat juara, sembari membawa piagam penghargaan, ia bercerita kepada salah satu tim juri, Taufiqur Rahman. 

Bahwa program peternakan kambing Babinsa Idaman Farm Kandang Alas yang ia gagas bersama warga Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, kini telah mengalami perkembangan. "Januari 2023 waktu itu, saya memulainya dengan 4 ekor kambing saja. Pada Juni lalu sudah berkembang jadi 80-an ekor kambing. Nah, sekarang sudah seratus lebih,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: