Kemenag Kumpulkan Seluruh Prosedur Keberangkatan di Asrama Haji, Calon Jamaah Wajib Tahu

Kemenag Kumpulkan Seluruh Prosedur Keberangkatan di Asrama Haji, Calon Jamaah Wajib Tahu

Asrama Haji Indramayu, Jawa Barat.-kemenag RI-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Musim haji tahun ini, Kemenag bakal menyatukan layanan jamaah haji, baik administrasi, pemeriksaan keamanan, maupun kesehatan di satu tempat. Yakni Asrama haji. Hal ini untuk memudahkan bagi para calon tamu Allah yang akan mulai masuk asrama haji pada 23 Mei 2023. 

Ketentuan soal layanan satu atap ini diatur dalam Keputusan Dirjen Penyelenggaraaan Haji dan Umrah No 185 tahun 2023. Layanan ini akan diberikan kepada jemaah baik di asrama haji embarkasi maupun asrama haji antara, baik pada masa keberangkatan maupun masa pemulangan.

Direktur Pelayanan Haji dalam Negeri Saiful Mujab menjelaskan ada tiga besaran pelayanan yang akan diterima jemaah pada fase keberangkatan, yaitu layanan di gedung penerimaan, layanan di gedung penginapan, dan layanan di gedung keberangkatan.


Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag, Saiful Mujab-Kemenag-

BACA JUGA:Hore! ATM dan Mobile Banking BSI Sudah Normal

BACA JUGA:Aktor dan Tim Produksi film Hati Suhita Kunjungi Harian Disway

“Ketiganya kita atur dalam layanan satu atap. Agar jemaah tidak kelelahan, layanan dari beberapa unit terkait dilakukan pada satu lokasi dan dikoordinir secara terpadu, mulai pemeriksaan akhir kesehatan, penyerahan gelang identitas, penyerahan paspor dan penyerahan living cost, serta layanan lainnya,” kata Saiful di Jakarta, Jumat 12 Mei 2023.

“Layanan ini hanya diberikan pada jemaah haji reguler yang sudah memiliki lembar Surat Panggilan Masuk Asrama atau SPMA,” tambahnya. 

Adapun jenis-jenis layanan untuk jamaah terbagi atas 3 tahap, yakni masa penerimaan, masa penginapan, hingga masa keberangkatan. Dengan alur sebagai berikut:  

BACA JUGA:Geliat Bangun Kota Reog: Ponorogo Tak Melulu Sate dan Pecel (28)

BACA JUGA:Syarat Mengurus IMB Kolektif di Balai RW Surabaya

Fase Penerimaan 

Pelayanan Satu Atap kepada Jemaah Haji di Gedung Penerimaan akan dilaksanakan dengan metode First Come First Serve. Yaitu Jemaah Haji yang pertama tiba di Asrama Haji adalah yang pertama mendapatkan pelayanan. 

Pelayanan dimulai sejak kedatangan mereka di gedung penerimaan. Adapun alur pelayanan satu atap kepada Jemaah Haji di Gedung Penerimaan terdiri dari:

  1. Menyerahkan tas bagasi dan kabin kepada petugas PPIH;
  2. Pemberian label pada tas kabin;
  3. Pemeriksaan akhir kesehatan Jemaah Haji;
  4. Menyerahkan SPMA dan Bukti Lunas BPIH;
  5. Penyerahan kartu kokarde dan kartu makan serta kartu
  6. Penempatan kamar;
  7. Penyerahan gelang identitas;
  8. Penyerahan paspor, visa, boarding pass, dan lembar Tanda Terima Living Cost; dan
  9. Penyerahan living cost.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: