Mengenal Spesialis Kedokteran Kelautan, Prodi Baru Universitas Hang Tuah Surabaya

Mengenal Spesialis Kedokteran Kelautan, Prodi Baru Universitas Hang Tuah Surabaya

Tim Visitasi Divisi Pendidikan Kedokteran Konsil Kedokteran Indonesia( KKI) meninjau persiapan pembentukan program studi (prodi) spesialis (Sp) 1 Kedokteran Kelautan ( Sp.KL) Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah Surabaya, 10-13 Mei 2023.-Dok Universitas Hang Tuah Surabaya-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Tim Visitasi Divisi Pendidikan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) menuntaskan peninjauan persiapan pembentukan program studi (prodi) spesialis (Sp) 1 Kedokteran Kelautan ( Sp.KL)  Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah Surabaya. Diskusi dan masukan disampaikan pada acara yang digelar pada 10-13 Mei 2023 itu.

Selama tiga hari, mereka mengunjungi FK Universitas Hang Tuah, RSPAL dr Ramelan Surabaya dan Lembaga Kesehatan Kelautan TNI AL (LAKESLA) drs. Med. Riyadi Sastropanoelar. 

Spesialis Kedokteran Kelautan adalah program pendidikan spesialisasi dalam bidang kedokteran yang fokus pada pelayanan kesehatan yang berkaitan dengan kelautan dan kehidupan di laut. Tentu, Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia membutuhkan banyak spesialis itu.

Prodi baru tersebut bertujuan untuk menghasilkan dokter yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi khusus dalam merawat dan mengatasi masalah kesehatan yang sering terjadi di lingkungan kelautan. Terutama yang sering menimpa pelaut, angkatan laut, nelayan, penyelam, pekerja pengeboran dalam laut, dan individu yang tinggal atau bekerja di lingkungan kelautan.

BACA JUGA:Urgensi Dokter Spesialis Kelautan Berbasis Kompetensi dan Kemanusiaan

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan dr Hisnindarsyah: Ji Shao Zhi Ju

Mereka akan mempelajari berbagai aspek kesehatan seperti penyakit yang berhubungan dengan air laut, kecelakaan dan trauma di laut, dehidrasi, keracunan makanan laut, penyakit kulit terkait air laut, serta masalah kesehatan mental dan fisik yang berkaitan dengan penanganan situasi kelautan.

Selain itu, mahasiswa spesialis kedokteran kelautan juga mempelajari penanganan medis di atas kapal atau dalam kondisi terbatas, pengelolaan keadaan darurat di laut, penanganan pertolongan pertama pada kasus kecelakaan di laut, dan tindakan medis yang harus dilakukan dalam situasi darurat atau evakuasi di perairan.

Pentingnya Sp.KL menjadi semakin relevan dengan pertumbuhan industri kelautan seperti perikanan, pengeboran minyak dan gas, transportasi laut, dan pariwisata bahari.

Acara pembukaan Visitasi KKI untuk prodi Sp.KL FK Universitas Hang Tuah Surabaya  dilaksanakan di Ruang Dekanat Fakultas Kedokteran UHT Surabaya. Acara dihadiri Ketua Divisi Pendidikan dan Profesi  Konsil Kedokteran dr Mariatul Fadhilah.  Ketua Divisi Registrasi Konsil Kedokteran Gigi  drg Sri Rahayu Mustikowati, beserta staf  KKI: Aditya Dwi  Purwaningsih dan Fernia Paramita 


Proses visitasi KKI di program studi (prodi) spesialis (Sp) 1 Kedokteran Kelautan ( Sp.KL) Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah Surabaya.-Dok Universitas Hang Tuah Surabaya-

Turut hadir Ketua Kolegium Kedokteran Kelautan Laksma TNI ( purn) dr Harmin Sarana  dan Senior Perintis Sp.KL: Laksda TNI drg Andriyani.

Sedangkan dari Yayasan Nala yang menaungi Universitas Hang Tuah dihadiri oleh Laksma TNI (purn) drg. Bambang Sucahyo (Anggota Pembina Bidang Umum),  Laksda TNI (purn) Ir Avando Bastari selaku Ketua Pengawas Yayasan Nala, beserta Laksda TNI( purn) Ken Tri Basuki, sebagai Ketua Pengurus Yayasan Nala. 


Petinggi Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) berfoto bersama saat visitasi ke Surabaya.-Dok Universitas Hang Tuah Surabaya-

Sumber: