Kenali Sistem Zonasi Baru PPDB Surabaya, Validasi Dimulai 22 Mei

Kenali Sistem Zonasi Baru PPDB Surabaya, Validasi Dimulai 22 Mei

WAKIL Ketua DPRD Surabaya Reni Astuti memantau PTM di SDN Kaliasin 1 Januari lalu.- Reni Astuti for Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran (TA) 2023/2024 Surabaya dimulai, Senin, 22 Mei 2023. Dispendik Surabaya membuka kanal validasi untuk calon peserta didik baru.

Skema baru dikenalkan. Yaitu, skema khusus jalur zonasi, di antara tiga jalur lain, seperti, afirmasi (inklusi dan keluarga miskin/pra miskin), perpindahan tugas orang tua, dan prestasi.

 

Tahun ini, dispendik membuka dua skema pendaftaran: calon peserta didik yang domisilinya masih dalam satu kelurahan dari sekolah yang dituju, dapat memilih skema zonasi 1. "Sedangkan, jalur zonasi 2, dapat diisi calon peserta didik yang memilih sekolah favoritnya yang berada di luar wilayah kelurahan domisilinya, bisa memilih zona 2," kata Yusuf Masruh, Kepala Dispendik Surabaya, Kamis, 18 Mei 2023.

 

"Masa uji coba pendaftaran hingga tahap pendaftaran ulang, akan dimulai tanggal 2-25 Juni 2023," lanjutnya. Kuota masing-masing skema jalur zonasi itu berbeda. Skema zonasi 1, diberikan pagu 35 persen, skema jalur zonasi 2, diberikan pagu 15 persen.


Jadwal PPDB Surabaya-Dispendik Surabaya-

Melalui skema baru itu, Pemkot Surabaya menargetkan, PPDB tahun ini, bisa memenuhi pemerataan pendidikan warga Surabaya. 

 

Karena skema jalur zonasi itu berbeda dengan tahun sebelumnya, 2022, lalu, Dispendik, segera menggelar simulasi. Peserta bisa mencoba sistem baru itu. "Aplikasi dan server-nya sudah disiapkan. Sekolah-sekolah SD dan SMP, serta calon peserta didik baru, kami harapkan bisa ikut mencobanya," harap Yusuf.

 

BACA JUGA:Nasdem Pertahankan Johnny G. Plate Sebagai Bacaleg

BACA JUGA:Pimpinan Pusat Karate Kyokushinkai Ditahan Kejari Surabaya

 

Sementara itu, kata Yusuf, untuk jalur non-zonasi, aturannya masih sama dengan tahun lalu. Kuota jalur afirmasi, kategori keluarga miskin dan pra-miskin dibuka sebanyak 15 persen, dari total kapasitas sekolah tujuan. "Proses pendaftaran hingga daftar ulang, akan mulai dibuka tanggal 9-16 Juni 2023, mendatang," ujar Yusuf.

 

Lalu, untuk jalur perpindahan orang tua. Kuota yang dibuka sebanyak 5 persen. Untuk sesi uji cobanya, hingga pendaftaran ulang, akan dibuka mulai tanggal 13-16 Juni 2023. Jika dalam jalur ini, masih tersisa kuota, bisa diisi oleh anak guru yang masih aktif mengajar, di sekolah tujuan tersebut.

 

Terkait jalur prestasi, kuota yang disediakan sebesar 30 persen. Diambil dari calon peserta didik yang memiliki prestasi nilai rapor (PNR) dan prestasi lomba. Sesi uji coba hingga pendaftaran ulang-nya akan dimulai tanggal 2-21 Juni 2023.


Jadwal PPDB Surabaya.-Dispendik Surabaya-

 

"Jalur ini, diambilkan calon peserta didik baru dari tiga kategori prestasi. Yaitu, sains, non-olahraga, dan olahraga. Mereka yang meraih juara I, II, III, dari ajang kompetisi terbuka, tingkat daerah, hingga Internasional, bisa mendaftar ke jalur ini," tandas Yusuf. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: