Timnas Sepak Bola Diistimewakan, Perenang Peraih Emas SEA Games 2023 Tak Ikut Kira8 7uara

Timnas Sepak Bola Diistimewakan, Perenang Peraih Emas SEA Games 2023 Tak Ikut Kira8 7uara

I Gede Siman Sudartawa peraih medali emas SEA Games 2023 dari cabang olahraga renang berpisah dengan rombongan Kira8 7uara karena merasa tak dihargai-AP Photo/Tatan Syuflana-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar Kira8 7uara, Jumat 19 Mei 2023. Salah satu atlet yang ikut kirab itu salah satunya ada nama I Gede Siman Sudartawa.

 

I Gede Siman Sudartawa merupakan perenang senior di SEA Games 2023 di Kamboja. Namun, ia tak ikut pawai. Penyebabnya, ia merasa tak dihargai.

 

I Gede Siman Sudartawa awalnya terlihat hadir di barisan arak-arakan tersebut. Siman yang meraih medali emas dari nomor Men’s 50m Backstroke pada 7 Mei 2023 lalu, tiba-tiba memilih cabut.

 

Siman memilih turun dari mobil dan berpisah dengan rombongan. Ia meninggalkan pawai tersebut pukul 09.45 WIB.

 

Siman menceritakan, ia bersama puluhan atlet telah tiba di kantor Kemenpora sebelum pukul 08.00 WIB. Sesuai jadwal yang ditentukan.

 

Namun ia merasa tak dihargai sejak upacara pembukaan. Sebab, atlet yang sudah datang tepat waktu malah disuruh menunggu Timnas Sepak Bola yang belum nampak di antara rombongan.

 


Rombongan Kira8 7uara yang dipimpin oleh Timnas U-22 Indonesia, bersama Menpora RI, Dito Ariotedjo, Erick Thohir, dan Pelatih Timnas, Indra Sjafri pada Jumat, 19 Mei 2023-raiky/kemenpora.go.id-

 

“Kami merasa kok ada cabor yang terlalu dispesialkan. Kami merasa tak dihargai, sudah datang awal sesuai waktu, disuruh menunggu. Kami sama-sama berjuang dan sama-sama mendapat medali. Kenapa seperti itu? Terus pas waktu berangkat kok terjadi kesenjangan yang jauh," kata Siman seperti dikutip dari IDN Times.

 

 

Sebagaimana diketahui, SEA Games 2023 di Kamboja resmi berakhir Rabu, 17 Mei 2023. Kontingen Indonesia berhasil membawa pulang 87 medali emas dari pesta olahraga se-Asia Tenggara tersebut.

 

Kepulangan para atlet itu disambut meriah dalam acara Kira8 7uara, yang digelar oleh Kemenpora, Jumat, 19 Mei 2023 mulai pukul 08.00 WIB.

 

Para atlet tersebut diarak mulai dari Kantor Kemenpora menuju Jalan Jendral Sudirman, Semanggi, Bundaran HI, Patung Pemuda, hingga Gelora Bung Karno. Diawali dengan timnas sepakbola yang berada di barisan terdepan. Diikuti dengan atlet dari cabang olahraga lain di belakangnya.

 

Puluhan atlet dari 31 cabor yang meraih medali pada SEA Games 2023 kompak naik bus karnaval yang telah disiapkan Kemenpora.

 

Timnas Sepak Bola datang menggunakan dengan bus double decker. Mereka memimpin rombongan meski datang terlambat.

 

Bahkan rombongan Timnas Sepak Bola tak sempat masuk ke dalam Kemenpora. Sementara para atlet yang telah datang lebih dulu, harus menunggu kedatangan Timnas Sepak Bola untuk berangkat pawai. 

 

"Jauh sekali perbedaannya. Jadi kamikita ngerasain kayak ini selebrasi buat satu cabor saja atau buat semuanya? Kenapa terjadi perbedaan?," kata Samin.

 

"Kami berjuang bersama kan harusnya dipukul rata dong. Semua sama, harus sama. Kami kan berjuang juga di SEA Games, tapi terjadi banyak perbedaan. Kami merasa sedikit tidak logis saja sebagai atlet. Bisa dibilang gak sportif lah jadinya," ujar Siman.(Jessica Laurent)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: idn times