Dewa 19 A Night at the Orchestra, Indahnya Musik Rock dalam Balutan Orkestra

Dewa 19 A Night at the Orchestra, Indahnya Musik Rock dalam Balutan Orkestra

ARI LASSO menyanyi diiringi orkestra 54 instrumen dalam konser Dewa 19 A Night at the Orchestra di Grand City Convention, Surabaya, 19 Mei 2023.-Retna Christa-Harian Disway-

SURABAYA, Harian Disway – Tidak ada T-shirt, celana jins, dan sneakers di konser Dewa 19 A Night at the Orchestra pada Jumat malam, 19 Mei 2023. Dalam konser yang digelar di Grand City Convention Surabaya itu, Baladewa dan Baladewi (sebutan fans Dewa 19) hadir mengenakan busana formal. Dress, setelan jas, hingga batik dipadu celana kain. Mereka siap menikmati sajian lagu-lagu rock Dewa 19 dalam balutan musik orkestra.

’’Misi saya memang mengakrabkan masyarakat dengan musik orkestra. Karena peradaban yang maju itu salah satu tandanya adalah kalau orang-orangnya nonton orkestra,’’ papar Ahmad Dhani, frontman Dewa 19, dalam konferensi pers di Jakarta, 11 April 2023 lalu. ’’Jadi lagu-lagunya saya pilihkan yang mudah dinikmati,’’ jelas pimpinan Indonesian Philharmonic Orchestra tersebut.

Maka, konser Dewa 19 A Night at the Orchestra dibuka dengan komposisi yang sangat akrab di telinga publik. Yakni Bohemian Rhapsody. Instrumentalia magnum opus ciptaan Freddie Mercury itu dibawakan dengan full orchestra, tanpa band. Ahmad Dhani sendiri yang menjadi konduktornya. Dilanjutkan dengan dua instrumentalia klasik, Vocalise, karya komposer Rusia Sergei Rachmaninoff, serta Bolero, milik komposer Prancis Maurice Ravel.

’’Jangan bosen, ya. Saya tahu beberapa sudah merasa boring. Kapan lagu Dewa-nya? Nggak apa-apa,'' kata Ahmad Dhani. ''Yang penting kenalan dulu dengan lagu-lagu klasik yang biasa dibawakan dalam orkestra,’’ lanjutnya. Ia menepati janji. Setelah tiga instrumentalia selesai dibawakan, ia memanggil bintang tamu pertama malam itu, Ardhito Pramono.

Kali ini, empat personel Dewa 19 muncul di panggung. Andra Ramadhan, Yuke Sampurna, Agung Yudha, dan Ahmad Dhani. Posisi konduktor diserahkan kepada Guntur Parjono Putra. Ardhito Pramono mengawali penampilan dengan salah satu hit Dewa 19, Mistikus Cinta. Nuansa jazzy membuat lagu itu sulit dikenali pada awalnya. Namun, hasilnya keren banget. Terlihat sekali Dhani merancang aransemen lagu dengan melihat karakter vokal Ardhito. Lagu itu jadi super-groovy. Seperti musik lounge. Audiens pun tak tahan untuk bergoyang di kursinya.

Mulan Jameela, yang tampil kemudian, membawa warna yang berbeda dengan Ardhito. Mengenakan sparkling dress nan glamour, dia menghadirkan nuansa genit. Terutama lewat lagu Makhluk Tuhan Paling Sexy dengan aransemen bergaya Timur Tengah. Sementara Wonder Woman dibawakan dengan full orchestra yang grande.

Nuansa rock khas Dewa 19 yang kita kenal baik akhirnya mengalun setelah Virzha muncul di panggung. Ia langsung menggebrak dengan Roman Picisan. Tanpa ragu, ia mengajak penonton orkestra yang anteng untuk bertepuk tangan dan menyanyi bersama. ’’Meskipun bajunya rapi, hatinya boleh enggak rapi kok,’’ kata penyanyi berambut gondrong tersebut.

Alhasil, audiens asyik berkaraoke bersama dengan Selimut Hati (yang terdengar magis berkat iringan biola dan cello yang kuat), Lagu Cinta dengan interlude bernuansa grande, Risalah Hati, hingga Pupus yang diaransemen menjadi lebih elegan.

’’Lagu berikut ini dibuat khusus untuk mereka-mereka yang ditindas,’’ kata Ahmad Dhani beberapa saat kemudian. Mengalunlah intro Persembahan dari Surga. Namun, yang bikin kaget, ketika tiba di bagian chorus, Ari Lasso tiba-tiba muncul. Vokalis pertama Dewa 19 itu langsung disambut histeris oleh audiens. ’’Kaulah persembahan dari surga, berilah aku setitik kuasanya, tuk meraih kemenangan bagi yang berhak!’’

’’Suroboyo, dos pundi kabare…,’’ sapa Ari Lasso dalam bahasa krama. Setelah membawakan Elang dalam versi yang jauh lebih ngerock daripada aransemen aslinya, Ari Lasso membawakan lagu ’’kebangsaannya’’: Cinta 'Kan Membawamu Kembali. Ia mengaku tegang selama dua hari memikirkan lagu tersebut. ’’Lagu cek angele seh, Dhan,’’ dengan bercanda, ia menggerutu sang arranger-nya, Ahmad Dhani.  

’’Wuih, langsung lega habis nyanyi lagu itu. Yo opo kabare, Rek?’’ Kali ini, Ari Lasso menyapa penggemar dengan bahasa Suroboyoan. Solois 50 tahun itu membawa suasana orkestra lebih cair dengan candaan-candaan khasnya dengan Andra dan Dhani. Konser lantas ditutup dengan lagu Kangen. Ari Lasso membawakannya bersama Virzha, Mulan Jameela, dan Ardhito Pramono.

Bagi yang sudah kangen, Dewa 19 A Night at the Orchestra akan kembali dipentaskan malam ini, Sabtu, 20 Mei 2023. Dengan formasi tiga vokalis, yakni Ari Lasso, Virzha, dan Ello. Serta dua bintang tamu: Mulan Jameela dan Andien. Selamat berkaraoke diiringi orkestra! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: