Kasus Rasisme Vincius Jr: Valencia Kena Hukuman Pengosongan Tribun, Tiga Orang Dipenjara

Kasus Rasisme Vincius Jr: Valencia Kena Hukuman Pengosongan Tribun, Tiga Orang Dipenjara

Vinicius Jr Diam-diam Sudah 'Atur Jadwal' Pergi dari Real Madrid-@vinijr-Instagram

HARIAN DISWAY - Valencia akhirnya terkena sanksi berupa penutupan sebagian stadion selama lima pertandingan. Hal itu mereka terima setelah kasus pelecehan rasial terhadap penyerang Real Madrid, Vinicius Jr, Minggu, 21 Mei 2023.

Polisi Spanyol juga menahan tiga suporter terkait pelecehan yang di Stadion Mestalla. Valencia juga didenda sebesar 45.000 euro atau setara Rp 790 juta.

Tribun selatan Valencia akan ditutup, dan klub memiliki waktu 10 hari kerja untuk mengajukan banding. Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) juga menyatakan bahwa kartu merah yang didapat Vinicius bakal ditangguhkan.

Selain menjadi korban rasialis, Vinisius juga mendapat kartu merah. Wasit menilai, ia telah menampar pemain Valencia. Padahal, sebelum kejadian itu, leher Vinicius lebih dulu dicekik oleh pemain tersebut. Dengan begitu, Vinicius bisa maih melawan Real Vallecano nanti malam, Rabu 24 Mei 2023.


Vinicius Jr memukul wajah pemain Valencia yang membuatnya diganjar kartu merah.-La Liga-

RFEF juga memecat wasit VAR. Mereka mengambil keputusan yang salah padahal sudah ada rekaman yang membantu mereka. 

BACA JUGA:Vinicius Jr: Dulu La Liga Milik Ronaldinho, Ronaldo, Cristiano, dan Messi, Sekarang Milik Pelaku Rasisme

BACA JUGA:AFA Umumkan Timnas Indonesia vs Argentina Digelar 19 Juni di Jakarta

"Dalam catatan wasit, terdapat teriakan rasial kepada Vinicius yang mengganggu jalannya pertandingan dan melanggar peraturan dengan sangat serius," tulis pernyataan resmi RFEF. Sayang wasit tidak mengambil langkah yang tepat. Seharusnya, pertandingan dapat dihentikan. Jika teriakan rasisme tetap menggema, maka kemenangan diberikan ke tim korban.

Real Madrid telah melaporkan pelecehan terhadap Vinicius kepada kejaksaan Spanyol sebagai kejahatan serius. Pelecehan rasial terhadap Vinicius Jr menunjukkan adanya penyakit sosial.

Tim-tim La Liga Menentang Rasisme

Pemain Barcelona, Raphinha, menampilkan solidaritas dengan Vinicius Jr dengan menampilkan pesan di kaos saat ia digantikan dalam pertandingan pada, Selasa, 23 Mei 2023 malam. Vinicius telah menjadi sasaran pelecehan rasial beberapa kali musim ini, dan insiden terbaru itu telah mendapatkan dukungan dari dunia sepak bola. Kecaman meluas. Bahkan Pemerintah Brasil ikut melayangkan protes ke Spanyol.

Sebelum pertandingan Real Valladolid dan Barcelona, serta Celta Vigo dan Girona, para pemain dan wasit juga berdiri di belakang spanduk yang bertuliskan "Rasisme, Keluar dari Sepak Bola".

La Liga telah  meminta sanksi terhadap pelaku rasisme ditingkatkan. Gara-gara insiden itu, La Liga dapat sorotan besar dari publik dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: