Vaksin Kanker Serviks HPV Digratiskan Untuk Siswi Kelas 5 dan 6, Kenali Gejalanya!

Vaksin Kanker Serviks HPV Digratiskan Untuk Siswi Kelas 5 dan 6, Kenali Gejalanya!

Ilustrasi vaksin HPV--Detik.com

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Kabar baik datang dari dunia kesehatan di Indonesia. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan bahwa pemerintah telah menguji coba pemeriksaan kanker serviks secara gratis bagi warga DKI. Tentu kebijakan itu bakal diberlakukan secara nasional, nantinya.

Pihak Kemenkes juga menyatakan, pemerintah tengah memulai program vaksin HPV (human papillomavirus vaccine) yang diperuntukkan bagi siswa SD kelas 5 dan 6. Pemberian vaksin ini akan diberikan secara gratis bersamaan dengan program imunisasi nasional. Tahun ini pemerintah menargetkan program vaksinasi nasional dengan jumlah sasaran 2 juta lebih siswi.

HPV sendiri merupakan jenis vaksin yang membantu manusia untuk terhindar dari infeksi HPV yang merupakan penyebab dari kanker serviks dan kanker penis. Meski kanker serviks lebih banyak terjadi pada wanita usia 30 tahun ke atas, tentunya kita harus waspada sejak dini dengan gejala dari kanker itu.

Terjadi Pendarahan Abnormal pada Daerah Kewanitaan

Ini merupakan gejala paling umum yang dialami. Pendarahan yang terjadi bisa lebih banyak maupun lebih sedikit saat menstruasi. Bahkan pendarahan juga bisa terjadi pada wanita yang sudah menopause atau saat berhubungan intim. 

Keputihan yang Tidak Biasa

Hal ini ditandai dengan tampilan dan warna lendir yang tidak seperti biasanya dan disertai dengan aroma yang tidak sedap. Selain itu teksturnya juga tidak seperti saat normal, bisa jadi lebih kental maupun lebih cair. 

Lebih Sering Buang Air Kecil 

Meningkatnya frekuensi buang air kecil ini disebabkan oleh sel kanker yang sudah tumbuh menjalar ke leher rahim dan akhirnya menyebar ke kandung kemih. Namun, bisa jadi juga ini bukan gejala kanker serviks melainkan infeksi saluran kemih. Jadi jangan self diagnose, ya.

Lebih Mudah Lelah

Sebenarnya penyebab dari kelelahan ini banyak sekali, namun bisa jadi penyebabnya adalah adanya pendarahan di daerah kewanitaan yang menyebabkan anemia. Tubuh akan menjadi kelelahan dan sulit untuk pulih meski telah beristirahat.

Timbul Rasa Sakit Saat Berhubungan Intim 

Apabila area panggul terasa nyeri saat berhubungan intim, bisa jadi itu merupakan gejala awal dari kanker serviks. Namun hati-hati, itu bisa saja adalah gelaja miom atau endometriosis. Lebih baik segera hubungi dokter spesialis kandungan dan ginekologis untuk berkonsultasi. 

Adapun penyebab dari kanker serviks tidak hanya disebabkan oleh infeksi HPV saya namun juga bisa saja karena:

  1. Kebiasaan merokok.
  2. Mengidap penyakit menular Sifilis, atau Herpes.
  3. Mengidap penyakit yang membuat imun melemah, contohnya HIV/AIDS.
  4. Kekurangan asupan nutrisi.
  5. Mengonsumsi pil KB dalam jangka lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: halodoc.com