Dayung Obstacle Race, Magnet Pengunjung Taman Prestasi

Dayung Obstacle Race, Magnet Pengunjung Taman Prestasi

Masyarakat antusias melihat lomba dayung yang diselenggarakan Pemkot Surabaya.-Julian Romadhon-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Lengan-lengan kekar itu mengayuh dayung. Menyibak air. Teriakan penonton menambah semangat mereka. Dua tim bertanding dalam event dayung Obstacle Race, Piala Wali Kota Surabaya, pada Jumat, 26 Mei 2023.

Acara itu diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Surabaya bekerja sama dengan Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Surabaya dan Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI). Digelar dalam rangka menyambut hari ulang tahun Surabaya yang ke-730.

Semangat itu salah satunya diperlihatkan tim Jasalindo Rafting. Pertandingan tim itu melawan tim Win Heat 10 begitu ketat. Perahu karet mereka melaju di tengah Sungai Kalimas, kemudian berputar kembali hingga mencapai garis finish.

Saat melewati garis finish, mereka masih harus menundukkan badannya, untuk menghindari tali yang melintang. "Awas, ndas'e, awas ndas'e (awas kepalanya)," teriak suporter klub Jasalindo Rafting. Tim itu memenangkan kompetisi melawan Win Heat 10.

M Jaka Alfatih, turun dari perahu dengan terengah-engah. Mendayung, meski dilakukan empat orang dalam satu perahu, pasti membutuhkan energi ekstra. "Sebentar mas. Sebentar. Saya tak atur napas dulu," ujarnya, ketika hendak diwawancarai Harian Disway. Ia menyandarkan tubuhnya sejenak, lalu menengadah. Menarik napas, kemudian membuangnya.

"Ya, alhamdullilah menang. Tim kami masuk 16 besar. Besok bertanding lagi," ujar pria 19 tahun itu. Tim Jasalindo Rafting adalah satu dari puluhan tim yang bertanding memperebutkan piala Wali Kota Surabaya. Kompetisi itu diikuti oleh 32 tim dayung pria dan 20 tim dayung perempuan.

Berbagai tim mewakili instansi pemerintah kota, TNI, Polri serta perwakilan-perwakilan tim dari perusahaan di berbagai daerah. "Hari ini adalah babak kualifikasi. Kami telah mendapatkan 16 besar tim yang akan bertanding esok hari," ujar Ridwan Susanto, koordinator acara.

Pada hari kedua, 27 Mei 2023, akan dipertandingkan 16 besar tim putra dan puteri, yang akan diambil 8 besar. Kemudian menuju tahap semifinal, final dan penentuan juaranya akan dilakukan pada hari kedua tersebut.

Event Dayung Obstacle Race itu menjadi magnet bagi masyarakat, khususnya pengunjung Taman Prestasi. Puluhan orang berjajar di tepi sungai tersebut, menyaksikan perlombaan dayung. (Guruh Dimas Nugraha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: