Petugas PPIH Sudah Tiba di Makkah, Jamaah Masuk Mulai 2 Juni

Petugas PPIH Sudah Tiba di Makkah, Jamaah Masuk Mulai 2 Juni

Nasrulla Jasam, Wakil Ketua PPIH Arab Saudi, dan Ketua PPIH Arab Saudi Saubhan Cholid mengecek persiapan petugas Daker Makkah di Bandara King Abdul Aziz Jeddah -Kemenag-

HARIAN DISWAY - Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja (Daker) Makkah tiba di Kota Kelahiran Nabi Muhammad tersebut untuk melakukan persiapan pelayanan jamaah Haji.

Ketua PPIH Arab Saudi 1444 H/2023 M Subhan Cholid mengatakan, para petugas akan langsung menempati pos masing-masing guna bersiap menyambut kedatangan jemaah. 

Petugas Daker Makkah diberangkatkan dalam tiga gelombang. Sebanyak 272 petugas mendarat pada 27 Maret 2023 sekitar pukul 18.00 waktu Arab Saudi (WAS). 

Sebelumnya, 154 petugas kesehatan mendarat lebih awal, yakni pukul 16.05 WAS. Sementara 210 petugas lainnya dijadwalkan mendarat hari ini pukul 17.30 WAS.

BACA JUGA:Serma Riadi, Babinsa Pengajar Al-Quran, Kembali Ke Hote Disambut Penuh Sukacita

BACA JUGA:Berkah Tukang Reparasi Tas kala Musim Haji

"Alhamdulillah, 426 petugas Daker Makkah, termasuk tim kesehatan, sudah ada di Makkah. Sore nanti akan datang lagi 210 petugas," terang Subhan di Jeddah, Minggu 28 Mei 2023.

Subhan ikut menjemput kedatangan para petugas di terminal haji Bandara King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah. Hadir juga Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam dan Kadaker Makkah Khalilurrahman.

"Para petugas langsung menempati pos layanannya masing-masing. Baik di Daker maupun Sektor, untuk bersiap menyambut dan melayani jemaah," ujar Subhan.

Jemaah haji Indonesia sudah tiba di Arab Saudi sejak 24 Mei 2023. Jemaah yang berangkat pada gelombang pertama ini mendarat di Madinah. Mereka tinggal selama lebih kurang sembilan hari untuk menjalani Arbain (salat berjamaah di Masjid Nabawi selama 40 waktu).

BACA JUGA:CJH Muda dari Jatim, Menunggu Antrian Haji Sejak Usia 9 Tahun

BACA JUGA:Puan Maharani Titip Putrinya Pinka ke Gibran Rakabuming

Sampai hari ini, sudah 59 kloter dengan 22.665 jemaah haji yang sudah berada di Madinah Al-Munawarah. 

"Secara bertahap, mereka akan diberangkatkan dari Madinah ke Makkah, mulai 2 Juni 2023," jelas Subhan.

Sumber: