Dorong Pelaku UMKM Surabaya Lihai Tarik Minat Konsumen di Era Milenial, Telkom University Surabaya Gelar Pelatihan

Dorong Pelaku UMKM Surabaya Lihai Tarik Minat Konsumen di Era Milenial, Telkom University Surabaya Gelar Pelatihan

Pelatihan adalah wujud komitmen Telkom University Surabaya untuk berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat, khususnya pelaku UMKM agar mampu bersaing di pasar yang semakin kompetitif. -Telkom University Surabaya-

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Di era milenial ini, UMKM harus lihai menarik minat konsumennya dengan cara-cara yang menarik pula. Karena itu, Telkom University Surabaya, melalui program studi Teknik Industri, mengadakan pelatihan khusus bagi pelaku UMKM di Ngagel, Surabaya.

Pelatihan itu sangat diminati. Para pelaku UMKM itu mengaku senang dibekali dengan keterampilan desain yang kreatif. “Semua guna meningkatkan branding produk mereka, seperti keripik tahu, kacang aneh, dan produk lainnya,” terang Paramaditya Arismawati, S.T., M.T.

Dijelaskannya, pelatihan itu adalah wujud komitmen Telkom University Surabaya untuk berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat, khususnya pelaku UMKM agar mampu bersaing di pasar yang semakin kompetitif melalui peningkatan keterampilan dan pengetahuan dalam bidang desain kreatif.

BACA JUGA: Cerminkan Semangat Inovatif dan Dedikasi, Telkom University Surabaya Menggebrak Awal 2024 dengan 7 Hal Ini

Ketua Program Pengabdian Masyarakat Telkom University Surabaya itu menjelaskan bahwa pelatihan yang sudah digelar pada 18 Mei 2024 llu ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada peserta dalam mendesain kemasan, poster, dan logo untuk produk UMKM.
Bersama dua dosen Telkom University Surabaya yakni Ayu Endah Wahyuni, S.T., M.T., dan Huki Chandra, S.T., M.Sc., para peserta yang merupakan pelaku UMKM di Ngagel, Surabaya, mendapatkan materi yang beragam. -Telkom University Surabaya-

"Inilah wujud nyata dari peran Telkom University Surabaya dalam mewujudkan tridharma perguruan tinggi, dengan hadir di tengah masyarakat untuk memberikan keterampilan desain kreatif yang dapat membantu meningkatkan branding produk UMKM," tambahnya.

Bersama dua dosen yakni Ayu Endah Wahyuni, S.T., M.T., dan Huki Chandra, S.T., M.Sc., peserta mendapatkan materi yang beragam. Semua disesuaikan dengan kebutuhan saat ini yang cocok diketahui para pelaku UMKM.

BACA JUGA: Berkomitmen Hasilkan Digital Talent Masa Depan, Telkom University Resmi Hadir di Surabaya

Dalam menyampaikan materi kepada para peserta, kedua dosen tersebut dibantu enam mahasiswa yaitu Muhammad Fikri Julianugerah, Maulidia Eka Erlina, Najwa Zuklizatuz Zahiroh, Friska Nur Azizah, Afrienna Melani, dan Bintang Favian.

Selama sehaari, dikenalkan aplikasi Canva termasuk fitur-fiturnya, serta cara menggunakannya untuk membuat logo, poster, dan kemasan produk. Canva dipilih karena merupakan aplikasi desain yang mudah digunakan oleh semua kalangan dan memiliki banyak fitur yang mendukung kreativitas.

Saat sesi materi Canva, mereka diajarkan langkah-langkah praktis menggunakannya guna menciptakan desain yang menarik dan profesional. "Di era milenial ini, kemasan yang menarik menjadi faktor penting dalam menarik minat konsumen," kata Paramaditya.
Dalam menyampaikan materi kepada para pelaku UMKM, kedua dosen Telkom University Surabaya dibantu enam mahasiswa yaitu Muhammad Fikri Julianugerah, Maulidia Eka Erlina, Najwa Zuklizatuz Zahiroh, Friska Nur Azizah, Afrienna Melani, dan Bintang Favian. -Telkom University Surabaya-

BACA JUGA: Inovatif! Respons Ancaman Konflik Internal di Kawasan LNU, Telkom University Surabaya Kembangkan Dashboard Manajemen Pertahanan

Dijelaskannya, Program Pengabdian Masyarakat Telkom University Surabaya diharapkan dapat meningkatkan kesadaran pelaku UMKM akan pentingnya desain kreatif dalam memasarkan produk mereka.

Dengan dedikasi dan komitmen yang kuat, pihaknya optimistis bahwa pelatihan desain kreatif ini akan memberikan manfaat signifikan bagi pelaku UMKM dalam menghadapi persaingan yang makin ketat dalam mendapatkan minat konsumen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: