5 Tokoh yang Ikut Dalam Penyelaman OceanGate, Ada Miliarder Inggris dan Pengusaha Pakistan

5 Tokoh yang Ikut Dalam Penyelaman OceanGate, Ada Miliarder Inggris dan Pengusaha Pakistan

PENAMPILAN TITAN, kapal selam wisata milik Oceangate, yang hilang sejak Selasa, 20 Juni 2023.-SkyNews -

HARIAN DISWAY – Tim SAR berpacu dengan waktu untuk mencari dan menyelamatkan penumpang Titan, kapal selam wisata milik OceanGate yang hilang di Samudra Atlantik. Operasi penyelamatan akbar diberangkatkan dari Boston, Massachusetts, untuk menemukan kapal berpenumpang lima orang tersebut. Siapa saja mereka?  

BACA JUGA: Kapal Selam Wisata Titanic OceanGate Hilang, Persediaan Oksigen Kurang Dari 70 Jam

Hamish Harding


HAMISH HARDIN saat berbicara dalam sebuah kesempatan di Qatar tahun lalu.-Lotus Eyes Photography-BBC

Pria 58 tahun ini adalah miliarder asal Inggris. Ia adalah pemilik Action Aviation, dealer pesawat jet pribadi yang berbasis di Dubai. Selain sebagai pengusaha, Hamish Harding dikenal sebagai petualang ulung. Ia sudah berkunjung ke Kutub Selatan beberapa kali—salah satunya bersama astronot Buzz Aldrin. Pada 2022, pemegang lisensi pilot sejak mahasiswa itu terbang ke ruang angkasa bersama Blue Origin.

Hamish Harding memegang tiga rekor dunia Guiness. Salah satunya sebagai manusia yang menghabiskan waktu paling lama di laut dalam. Setelah menyelam ke titik terdalam Palung Mariana. Ia mengatakan, penyelaman ke titik tenggelamnya Titanic direncanakan digeber pada Juni 2022. Tapi kapal selamnya mengalami kerusakan minor dalam misi penyelaman sebelumnya.

Soal kegemarannya mengeksplorasi alam semesta, Hamish Harding bilang kepada BBC, ’’Itu semua memiliki risiko yang sudah terkalkulasi. Dan semua yang terlibat di dalamnya sudah memahami risiko itu sebelum memulai.’’

Pekan lalu, di Facebook, Harding mengatakan bahwa penyelaman OceanGate ke Titanic adalah yang pertama dan satu-satunya sepanjang 2023. ’’Karena kondisi cuaca yang buruk di Newfoundland, Kanada, tempat misi itu dimulai.’’

Terry Virts, pensiunan astronot NASA mengatakan, Hamish Harding adalah penjelajah. Bukan pencari sensasi atau penantang bahaya. ’’Ia sangat bisa menangani situasi darurat,’’ yakinnya kepada BBC.  

Shahzada dan Suleman Dawood


SHAHZADA DAWOOD (kanan) dan putranya Suleman Dawood.-dokumen pribadi-BBC

Shahzada Dawood adalah pebisnis berusia 48 tahun. Ia berasal dari salah satu keluarga paling kaya di Pakistan. Ia bergabung dalam misi OceanGate bersama anak lelakinya, Suleman, yang baru berusia 19 tahun. Ia tinggal bersama istrinya, Christine, di Surbiton, London. Namun, keluarga itu menghabiskan waktu di Kanada selama sebulan. Khusus untuk menyiapkan misi penyelaman.

Shahzada Dawood adalah wakil presiden Engro Corporation, konglomerasi Pakistan yang bergerak di bidang pertanian. Ia juga memimpin Dawood Foundation. Serta SETI Institute, organisasi riset berbasis di California yang berfokus mencari kehidupan di ruang angkasa. Shahzada juga mendukung dua organisasi amal milik Raja Charles.

’’Shahzada sangat tertarik mengeksplorasi bermacam habitat di alam semesta,’’ ungkap pernyataan keluarga yang dikutip BBC. Lulusan University of Buckingham itu bahkan pernah berbicara soal pelestarian lingkungan di PBB. Di sisi lain, Suleman adalah remaja yang ’’Sangat menyukai literatur fiksi ilmiah dan belajar hal-hal baru.’’

Paul-Henry Nargeolet


PAUL-HENRY NARGEOLET dikenal sebagai Mr Titanic.-Joel Saget-AFP-

Pria berusia 77 tahun ini adalah adalah mantan penyelam angkatan laut Prancis. Saking ahlinya, ia sampai dijuluki Mr Titanic. Di antara para penjelajah top dunia, ia yang menghabiskan paling banyak waktu di reruntuhan Titanic. Nargeolet bahkan sudah menyelam ke Titanic dalam ekspedisi perdananya pada 1987. Hanya dua tahun setelah bangkai kapal malang itu ditemukan. 

Ia juga memimpin tim riset di sebuah perusahaan yang memiliki hak atas reruntuhan Titanic. Sebelum naik ke Titan milik OceanGate, Nargeolet mengatakan bakal membentuk tim ekspedisi khusus untuk mengambil benda-benda yang bisa diselamatkan dari Titanic. 

’’Kami berharap, pengalaman militer dan ketenangan Mr Nargeolet dapat menenangkan semua penumpang di kapal selam. Meskipun hasil dari operasi penyelamatan tidak tergantung pada dia,’’ kata Mathieu Johann, juru bicara keluarga Nargeolet.

Stockton Rush


STOCKTON RUSH di dalam kapal selam Titan dipotret pada 2022.-BBC-

Ia adalah CEO OceanGate, perusahaan yang mengoperasikan penjelajahan Titanic. Pria 61 tahun itu adalah insinyur sekaligus mekanik berpengalaman. Ia sudah mendesain pesawat eksperimental dan sedang mengerjakan pembuatan beberapa kapal selam kecil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bbc news