CEO OceanGate Stockton Rush Masuk Daftar Sebagai Penemu yang Terbunuh oleh Temuannya Sendiri

CEO OceanGate Stockton Rush Masuk Daftar Sebagai Penemu yang Terbunuh oleh Temuannya Sendiri

CEO OceanGate Stockton Rush mendesain dan mengawasi sendiri pembangunan kapal selam wisata Titan.-Eyepress News-Shutterstocks-

HARIAN DISWAY – CEO OceanGate Stockton Rush masuk daftar Wikipedia sebagai penemu yang terbunuh oleh barang temuannya sendiri. Stocktorn Rush turut menjadi korban kapal selam wisata Titan yang meledak saat menjelajahi bangkai kapal Titanic pada 18 Juni 2023 lalu.

Dalam daftar itu, Stockton Rush dilabeli sebagai pilot, insinyur, dan pebisnis yang mengawasi proses perancangan dan pembangunan Titan. Kapal selam mungil buatan perusahaannya, OceanGate. Kapal itu memang dikhususkan untuk mengangkut wisatawan yang ingin melihat reruntuhan Titanic di kedalaman Samudra Atlantik.

BACA JUGA: 5 Tokoh yang Ikut Dalam Penyelaman OceanGate

BACA JUGA: Hamish Harding, Miliarder Inggris yang Hilang Bersama Kapal Selam Wisata Titanic OceanGate

Stockton Rush berada di daftar yang sama dengan Thomas Andrews. Arsitek kelautan yang turut mendesain Titanic. Ia ikut tewas ketika kapal itu tenggelam pada 14-15 April 1915. Jenazahnya tak pernah ditemukan.

’’Stockton Rush menciptakan Titan karena ia ingin menjelajahi kedalaman titik yang paling dalam di bumi ini,’’ ungkap Fred Hagen, seorang penyelam Prancis, kepada People. ’’Selain itu, ia ingin mendemokratiskan lautan, dan membuka rahasia-rahasianya kepada masyarakat luas,’’ lanjutnya.

Penyelaman ke bangkai Titanic diawali pada 2021. Dalam wawancara dengan Universitas Princeton, Stockton Rush mengaku sangat mencintai Titanic. Menurutnya, kapal yang dulunya supermewah itu menyimpan jutaan informasi yang menunggu untuk digali.

’’Tidak ada banyak data yang memberitahu kita bagaimana sebuah kapal karam mengalami pembusukan,’’ kata Stockton Rush. ’’Ada ribuan reruntuhan kapal di seluruh dunia yang tenggelam, yang diserang sekitar 500 ribu jenis substansi beracun, terutama bahan bakarnya sendiri,’’ tegasnya.

BACA JUGA: Catastrophic Implosion: Penumpang Titan Tewas Dalam 20 Milidetik

BACA JUGA: Titan ‘Remuk’ Di Bawah Air, 5 Penumpang Tewas

Tentang ekspedisi OceanGate, ia punya misi tersendiri. Yakni mengingatkan publik bahwa sebagian besar sejarah manusia itu terkubur di dalam laut. ’’Itu salah satu kontribusi yang kami bisa berikan,’’ ucap pria yang meninggal pada usia 61 tahun tersebut.

Daftar Wikipedia tentang penemu yang meninggal oleh ciptaannya sendiri juga memuat Cowper Phipps Coles. Ia adalah seorang kapten Angkatan Laut Inggris yang mendesain sendiri HMS Captain, sebuah kapal perang turret. Ia berada dalam kapal ciptaannya ketika HMS Captain tenggelam dihajar badai pada September 1870.

Di dalam daftar itu, juga ada nama penemu blasteran Jerman-AS, Julius H. Kroehl. Ia diperkirakan meninggal karena dekompresi pada 9 September 1876. Setelah melakukan pelayaran eksperimental bersama Sub Marine Explorer. Itulah kapal selam modern yang bisa menyelam dan muncul ke permukaan sendiri. Kroehl mendesain dan membangunnya sendiri dengan spare part bekas pada 1863. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: people