Bio Data Stockton Rush, CEO OceanGate yang Turut Meninggal Bersama Kapal Selam Titan

Bio Data Stockton Rush, CEO OceanGate yang Turut Meninggal Bersama Kapal Selam Titan

STOCKTON RUSH hendak memasuki salah satu kapal selam milik OceanGate dipotret pada 2022. Ia turut tewas dalam kecelakaan kapal Titan.-The Independent -

HARIAN DISWAYStockton Rush adalah pebisnis AS yang mendirikan OceanGate. Sebuah perusahaan berfokus pada pengembangan teknologi eksplorasi bawah laut.

Perusahaan itu mengembangkan dan mengoperasikan kapal selam yang mampu mencapai kedalaman ekstrem. Demi menjelajahi dan mengumpulkan dokumentasi lingkungan bawah air. Misalnya palung-palung yang sangat dalam dan bangkai-bangkai kapal karam.

Stockton Rush sudah lama menjadi ujung tombak OceanGate untuk mempromosikan eksplorasi bawah laut. Demi tujuan riset ilmu pengetahuan. Dan baru-baru ini: wisata.

Siapakah Stockton Rush sebenarnya? Apa latar belakangnya?  

Berikut bio data Stockton Rush, CEO OceanGate, dirangkum dari berbagai sumber.

BACA JUGA: Stockton Rush Masuk Daftar Sebagai Penemu yang Terbunuh oleh Temuannya Sendiri

Lahir di Keluarga Kaya
Menurut berbagai publikasi, Stockton Rush berasal dari keluarga kaya di AS. Kakek moyangnya dari pihak ayah adalah dua founding fathers Amerika Serikat. Yakni Benjamin Rush dan Richard Stockton. Keduanya turut menandatangani Declaration of Independence (Deklarasi Kemerdekaan AS) pada 4 Juli 1776. Stockton juga merupakan keturunan dari penyair yang terkenal dari abad k-18, Annis Stockton. Ia juga masih kerabat mantan Jaksa Agung AS Richard Rush. Juga komandan perang sipil AS Richard Henry Rush.

BACA JUGA: 5 Tokoh yang Ikut Dalam Penyelaman OceanGate, Ada Miliarder Inggris dan Pengusaha Pakistan

Lulusan Princeton

Stockton Rush lulus dari Princeton University pada 1984. Sebagai insinyur dengan spesialisasi aerospace, aeronautical, dan astronautical. Ia lantas mengambil kuliah pascasarjana di UC Berkeley Haas School of Business. Dan lulus pada 1989.

Awali Karier Sebagai Pilot
Ia memulai karier sebagai pilot sejak masih kuliah. Ia sudah mendapatkan sertifikasi terbang dari Institut Pelatihan Pesawat Jet AS pada 1981. Ketika usianya masih 19 tahun. Selama liburan semester, Rush sering menerbangkan DC-8 ke Eropa dan Timur Tengah untuk berbagai keperluan.

Stockton Rush bergabung dengan McDonnell Douglas Corporation sebagai pilot uji program F-15. Ia menghabiskan dua tahun di markas Angkatan Udara AS Edwards untuk mengembangkan tes radar APG-63 dan program anti-misil.

BACA JUGA: Hamish Harding, Miliarder Inggris yang Hilang Bersama Kapal Selam Wisata Titanic OceanGate

Pada tahun yang sama setelah lulus dari UC Berkeley, ia sudah membangun pesawat eksperimental Glasair III. Pesawat itu kadang masih ia terbangkan sampai beberapa tahun terakhir ini. Setelah itu, ia juga memodifikasi habis-habisan kapal selam Kitteredge K-30 yang berkapasitas dua penumpang. Yang ia pakai menyelam sebanyak lebih dari 30 kali.

Stockton Rush mendirikan OceanGate pada 2009, dan OceanGate Foundation pada 2012. Saat itu, ia juga menjabat sebagai dewan direksi BlueView Technologies. Sebuah manufaktur sistem sonar berfrekuensi tinggi.

Istrinya juga suka bertualang


WENDY RUSH (kiri) bersama Stockton Rush dalam sebuah kesempatan tahun lalu.-The Economic Times -

Istri Stokcton Rush bernama Wendy Hollings Weil. Mereka menikah pada 1986. Wendy menjabat sebagai direktur komunikasi OceanGate. Serta menjabat dewan direksi di yayasan amal perusahaan. Di LinkedIn, Wendy menulis bahwa dia pernah berpartisipasi dalam ekspedisi ke reruntuhan Titanic sebanyak tiga kali. Sebelum masuk jajaran direksi OceanGate, Wendy adalah seorang guru pengganti di Lancaster.

Berapa kekayaannya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bbc