Pencarian Julian Sands yang Hilang di Gunung Baldy dilanjutkan kembali

Pencarian Julian Sands yang Hilang di Gunung Baldy dilanjutkan kembali

Julian Sands, aktor yang hilang saat pendakian di Gunung Baldy pada Januari 2023. Kini pencarian terhadapnya dilakukan kembali.-JON KOPALOFF/WIREIMAGE-ew.com

HARIAN DISWAY - Lima bulan setelah aktor Julian Sands hilang selama pendakian di Gunung Baldy, California, Departemen sheriff daerah San Bernardino mengumumkan akan kembali melanjutkan pencarian. Sands dinyatakan hilang pada 13 Januari 2023.

Departemen Sheriff merilis pernyataan pada hari Sabtu dengan pembaruan tentang pencarian Sands, yang menghilang pada bulan Januari saat mendaki di area Gunung Baldy di pegunungan San Bernardino.

Sands, yang dikenal karena perannya dalam film-film seperti The Killing Fields dan A Room with a View, merupakan pejalan kaki dan pendaki gunung yang berpengalaman. Tetapi ia dilaporkan hilang pada 13 Januari. Hingga kini ia tidak kembali dari ekspedisi pendakian. Pencarian yang telah dilakukan pun belum membuahkan hasil.

Pada hari Sabtu, 17 Juni 2023, Departemen Sheriff San Bernardino melanjutkan upaya pencarian. “Kami akan melanjutkan pencarian di hutan belantara Gunung Baldy untuk mencari pejalan kaki Julian Sands yang hilang,” kata departemen sheriff dalam sebuah pernyataan.

Lebih dari 80 relawan pencarian dan penyelamatan, deputi, dan staf bergabung dalam pencarian hari Sabtu. Bahkan mereka didukung oleh dua helikopter dan kru drone.

Helikopter dan drone digunakan untuk melakukan pencarian di daerah yang tidak dapat diakses, atau sudut-sudut terpencil di Gunung Baldy. Departemen tersebut kemudian membagikan video saat melakukan pencarian via media sosial.

Namun, meski suhu musim panas meningkat, Departemen Sheriff melaporkan bahwa sebagian besar Gunung Baldy tetap tidak dapat diakses. Penyebabnya karena kondisi pegunungan yang ekstrem, termasuk beberapa area yang masih mengandung es dan salju setinggi lebih dari 10 kaki.

Sejak hilangnya Sands pada bulan Januari, Departemen Sheriff telah melakukan delapan kali pencarian melalui darat dan udara. Bersama para sukarelawan, total mereka telah melakukan pencarian selama lebih dari 500 jam.

Departemen tersebut juga menambahkan, “Kasus orang hilang Mr. Sands tetap aktif dan upaya pencarian akan dilanjutkan dalam kapasitas terbatas”.

Pada bulan Februari, teman lama Sands, John Malkovich, berbicara tentang kepergiannya. Ia menyebut Sands sebagai “teman terdekat” dan “pendaki yang sangat berpengalaman yang telah melalui pengalaman yang sangat sulit”.

“Saya kira ada kondisi tertentu di Gunung Baldy saat itu. Mungkin itulah yang telah menyebabkan bencana dan kesalahan langsung yang tidak dapat diubah,” kata Malkovich kepada The Guardian.

“Itu naluri saya saat mendengarnya. Tapi ia tahu kondisinya, dan itulah yang ia sukai. Ia menemukan penghiburan besar dalam kesendirian itu,” tambahnya. (Guruh Dimas Nugraha)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ew.com