Sebulan Operasi Penerbangan Haji 2023, 191.208 Jemaah Tiba di Tanah Suci

Sebulan Operasi Penerbangan Haji 2023, 191.208 Jemaah Tiba di Tanah Suci

Suasana Tawaf di Masjidil Haram. 190 ribu Jemaah Haji telah tiba di tanah suci pada hari ke 30 atau terhitung 20 Juni 2023-Kemenag-

HARIAN DISWAY – Menurut data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) hingga 20 Juni 2023, pukul 24:00 WIB jemaah haji yang telah tiba di tanah suci berjumlah 191.208 orang dengan jumlah 499 kelompok terbang.

Data tersebut terhitung sejak 23 Mei 2023 ketika jemaah pertama kali masuk asrama haji dan operasional penyelenggaraan ibadah haji masuk hari ke-30.

BACA JUGA:Tetap Perhatikan Gizi, Berikut Menu Makanan Jemaah Haji Indonesia Selama Puncak Haji

Koordinator Media Center Haji (MCH) PPIH Pusat Dodo Murtado menyampaikan jika jemaah gelombang 2 yang telah tiba di Bandara King Abdul Aziz International Airport Jeddah berjumlah 87.185 orang atau 227 kelompok terbang.

Sedangkan kedatangan jemaah haji untuk kuota tambahan di Bandara AMAA Madinah sampai dengan hari ini sebanyak 2.708 orang atau 9 kloter.

Total kedatangan jemaah haji Indonesia di Arab Saudi sampai dengan saat ini tercatat sebanyak 10.725 orang yang terdiri dari 188 Penyelenggara Ibdah Haji Khusus (PIHK).

BACA JUGA:Gus Ipul Titip Doa bagi Kota Pasuruan kepada Jamaah Calon Haji

Dodo juga mengungkap bahwa sampai hari ketiga puluh, total jemaah yang wafat di Arab Saudi berjumlah 97 orang dengan rincian jemaah yang wafat di Makkah sebanyak 62 orang, di Madinah sebanyak 32 orang, dan di Jeddah sebanyak 3 orang.

Menjelang puncak ibadah haji, tambah Dodo, PPIH telah menyiapkan langkah-langkah yang strategis untuk menyambut puncak haji. Saat ini seluruh petugas haji telah terkonsentrasi di Makkah, termasuk untuk menyempurnakan peningkatan layanan dan fasilitas.

Terkait hal ini, pemerintah Arab Saudi juga memberi layanan berupa sarana transportasi mobil golf bagi jemaah haji Indonesia. Sarana transportasi ini digunakan untuk membantu pergerakan jemaah dari tenda di Mina hingga titik terdekat jamarat yang bisa diantar dengan mobil. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenagri