Pemberangkatan Jamaah Haji Berakhir Hari Ini

Pemberangkatan Jamaah Haji Berakhir Hari Ini

Jemaah haji kloter KJT-01 diberangkatkan di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.-ist-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Operasional pemberangkatan Jamaah Haji Indonesia ke tanah suci dinyatakan rampung pada Sabtu, 24 Juni 2023. Pada hari ke 32 pemberangkatan atau per Jumat, 23 Juni 2023, tercatat total 20.3512 orang jamaah Haji yang sudah diberangkatkan ke tanah suci. 

Sebelumnya, closing date dijadwalkan pada 22 Juni 2023. Namun menurut Koodinator Media Center Haji (MCH) PPIH Pusat Dodo Murtadlo, pendaratan di Bandara King Abdul Aziz (KIAA) Jeddah masih diijinkan hingga tanggal 24 karena adanya jamaah haji kuota tambahan 

"Hari ini tanggal 24, sebanyak 164 orang jemaah haji tambahan tiba di kota Makkah. Jemaah ini berasal dari kelompok terbang (kloter) BTH 34 asal provinsi Jambi," jelas Dodo pada Harian Disway. 

BACA JUGA:Tidak Ada Israel, Berikut Daftar 24 Negara Peserta Piala Dunia U-17

BACA JUGA:Rihanna Mundur Sebagai CEO Brand Lingerie Savage X Fenty

Dodo menjelaskan, ini merupakan kloter terakhir dari semua pemberangkatan jemaah haji Indonesia tahun 1444 H / 2023 M, yang ditempatkan di hotel Syafayir Al Hayaa kawasan Syisyah 

Dalam beberapa hari terakhir, sebanyak 99.211 Jemaah gelombang II yang tergabung dalam 258 kelompok terbang telah tiba di Bandara King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah. Jemaah tersebut selanjutnya diberangkatkan ke Makkah untuk menjalankan umrah wajib.  

“Data tersebut dikutip dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) tanggal 22 Juni 2023, pukul 24.00 WIB,” terang Koordinator Media Center Haji (MCH) PPIH Pusat Dodo Murtado di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta jumat, 23 Juni 2023.  

BACA JUGA:Pesawat Sam Air Jatuh di Elelim, Korban Belum Bisa Dievakuasi

BACA JUGA:Kabar Dari Tanah Suci (11): RS di Masjidilharam Khusus bagi Jemaah Darurat

Dodo menjelaskan, total kedatangan Jemaah Haji Indonesia di Arab Saudi sebelum Closing Date berjumlah 203.512 orang atau 531 kelompok terbang.

Sementara jemaah haji khusus yang telah tiba kata Dodo, sampai dengan hari ini berjumlah 12.319 orang yang tergabung dalam 214 Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK). 

Sementara itu, kemenag juga mencatat total jamaah yang wafat di Arab Saudi sebanyak 118 orang. “Suhu di Makkah hari ini berkisar antara 30 sampai 42 derajat celcius,” kata dia.

BACA JUGA:Penjurian Lapangan Brawijaya Award (22): Ketika Google Maps Kongkalikong dengan Demit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: