Fakta 28 Juni: Messi Nyatakan Pensiun dari Timnas Argentina

Fakta 28 Juni: Messi Nyatakan Pensiun dari Timnas Argentina

Lionel Messi ketika gagal meraih trofi pada Copa America 2016. --AFP

HARIAN DISWAY -  Kapten Timnas Argentina Lionel Messi pernah menyatakan pensiun dari kesebelasan Tim Tango, 28 Juni 2016. Keputusan yang mengejutkan itu jatuh tepat hari ini. Sudah tujuh tahun.

Keputusan itu diambil secara emosional ketika Argentina kalah 2-4 dari kesebelasan Cile melalui adu penalti. Copa America Centenario 2016 yang digelar Senin, 27 Juni 2016, membuat La Pulga, julukan Messi, merasa gundah. Messi yang di gadang-gadang mampu memecah kebuntuan, tampil kurang memuaskan dalam laga itu.

Messi dapat cemoohan setelah gagal mengeksekusi penalti. Ia juga mendapat kartu kuning pada babak karena diving. Pasca laga berakhir, La Pulga memutuskan dari Timnas Argentina di usia 29 tahun.

“Tim Nasional sudah berakhir bagiku. Sudah kulakukan semua yang kubisa. Sakit rasanya, tidak juara,” ucap Messi dilansir dari BR Football, Rabu, 28 Juni 2023.

BACA JUGA:Presiden Prancis Ingin Mbappe tetap di PSG, Messi Sarankan ke Barcelona atau Real Madrid

BACA JUGA:Akhir Rivalitas Ronaldo-Messi, Selamat Datang Era Haaland-Mbappe di Ballon d'Or

Peraih tujuh Ballon d’Or itu kembali membuat kejutan. Ia  mengumumkan comeback-nya ke La Albiceleste, julukan Timnas Argentina lima tahun kemudian.

Hasilnya, Messi meraih gelar Copa America 2021. Setahun kemudian, impian besarnya terwujud: Piala Dunia 2022. Messi meraih trofi yang belum pernah diraih rival abadinya, Cristiano Ronaldo. Sejak saat itu, perdebatan tentang siapa yang lebih hebat di antara keduanya seakan berakhir.


Lionel Messi mengangkat trofi Piala Dunia 2022 di Qatar. -Instagram/leomessi-

Perjuangan Messi dengan Argentina dimulai sejak 2005. Si Kutu menorehkan 175 penampilan dan mencetak 103 gol. Pemain Argentina paling subur.

Lionel Messi dan keberhasilannya bersama Timnas Argentina

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi kerap dijuluki sebagai Greatest Of All Time (GOAT). Siapa yang lebih baik? Tergantung selera.

Yang jelas, Messi dan Ronaldo mendominasi selama satu setengah dekade ini. Messi meraih juara Copa America 2021 dan Piala Dunia 2022. Ia juga mengantar Argentina sampai final Copa America 2007, final Piala Dunia 2014, dan Final Copa America Centenario 2016.

BACA JUGA:Asnawi Trending Usai Tekel Pemain Argentina, Netizen: Tak Ada Messi, Garnacho Pun Jadi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reuters