Caleg DPRD Jatim Teguh Prabowo Gunawan, Pengusaha dan Komunikator Ulung

Caleg DPRD Jatim Teguh Prabowo Gunawan, Pengusaha dan Komunikator Ulung

Teguh Prabowo Gunawan atau Go Tjong Ping, caleg DPRD Jatim Dapil TUban-Bojonegoro -Dokumentasi Pribadi-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Siapa yang tak tahu Go Tjong Ping? Lelaki 70 tahun ini amat populer. Khususnya di daerah pemilihannya: Bumi Ronggolawe Tuban dan Bumi Angling Dharma Bojonegoro. 

Pemilik nama lengkap Teguh Prabowo Gunawan ini memang supel. Gampang mengakrabkan diri dengan yang lain. Itulah kenapa ia juga punya banyak kawan. Makanya ia layak masuk Rekomendasi Caleg 2024

Bahkan diterima di semua kalangan. Tak terbatas pada kelompok, organisasi, suku, maupun agama. Buktinya, Tjong Ping sudah tergabung dalam lebih 500 grup WhatsApp. 

Belum lagi ratusan album foto yang ia bagikan. Termasuk foto-foto selfie dalam berbagai kegiatan serta pertemuannya dengan tokoh-tokoh nasional. "Handphone-ku tiga, yang dua sampai lemot karena gak kuat,” katanya lantas tertawa.

Dalam beberapa periode sebelumnya, Tjong Ping telah menjabat sebagai wakil ketua DPRD  Kabupaten Tuban selama dua periode. Yakni dari tahun 2004 hingga 2014. Lantas naik kelas menjadi anggota DPRD Jawa Timur sejak 2019 hingga sekarang.

Sebagai seorang petugas partai, kata Tjong Ping, ia memiliki tugas untuk mendapat suara sebanyak-banyaknya. Ia dan timnya berjuang untuk dapat meraih dua kursi di DPRD Jawa Timur. Tentu saja dengan cara yang taat aturan.

“Sama sekali nggak pakai uang. Terus terang saja. Saya cuma mengandalkan keakraban,” terang politikus PDIP itu. Di dapilnya terdapat sekitar 2 juta pemilih. Tjong Ping sukses meraup 48,5 ribu suara. Telak.

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Anggota DPRD Jatim Teguh Prabowo Gunawan: Guo You Bu Ji

BACA JUGA:Caleg DPR RI PKS Reni Astuti, 3 Periode di DPRD Kota Surabaya Melekat di Hati Rakyat

Tjong Ping memang dikenal sebagai sosok yang komunikatif. Itu bisa dilihat gayanya saat bermedia sosial. Baik di Facebook maupun Instagram. Betapa setiap postingannya selalu banjir komentar netizen. Beragam generasi, dari yang tua hingga remaja.

Di medsos itulah ia menarik hati warganya. Sebagai seorang pengusaha, Tjong Ping juga punya basis dukungan yang kuat di kalangan pedagang lokal. Terutama yang mengenalnya melalui bisnis palawija dan angkutan. 

Tentu, mesin partai yang dimiliki juga menjadi faktor kunci dalam kampanyenya. Rumusnya cuma satu: guyub dan komunikatif. "Saya itu senengnya memang komunikasi. Ada mantenan warga, saya datang. Hampir semua kenal saya," jelasnya tanpa terkesan sombong.

Untuk itu, selain dukungan dari partai politik, Tjong Ping juga memperoleh dukungan dari berbagai elemen masyarakat dan komunitas. Keberadaannya di dunia politik pun memberikan dinamika yang tajam dan menyenangkan.

"Kalau nggak ada Tjong Ping, pemilu gak seru. Begitu kata teman-teman,” tandasnya. Tjong Ping cukup percaya diri atas itu. Bahwa popularitasnya unggul dibandingkan dengan calon lainnya. Banyak orang mengenalnya dengan julukan "bakul kaca" atau "ngebong pendapa".

Julukan yang terakhir itu, Anda sudah tahu, mengacu pada tragedi Tuban Membara pada 2006 silam. Saat itu Tjong Ping maju menjadi calon wakil bupati duet dengan Nahar Husein dari PKB. 

Tjong Ping dan pasangannya kalah tipis dengan pasangan Haeny Relawati Rini Widyastuti-Lilik Soehardjono yang dijagokan Partai Golkar. Hanya selisih 3,48 persen.

Tak terima dengan kekalahan ini, massa PDIP dan PKB mengamuk. Meski hasil penghitungan suara belum disahkan KPU. Para pendukung unjuk rasa hingga berakhir anarkis. 

"Sebetulnya saat itu saya yang menang. Suara saya paling banyak," lanjut Tjong Ping. Sejak itulah ia pun selalu percaya diri di tiap kepesertaannya ikut pemilihan legislatif. Tjong Ping tetap santai dalam bekerja. Ia senantiasa mengandalkan dukungan dari kalangan "abangan" karena paham nasionalis. 


Teguh Prabowo Gunawan alias Go Tjong Ping kini duduk di Komisi B DPRD Jatim.-Dokumentasi Pribadi-

Selain sebagai pengusaha, ia pun aktif terlibat peran di berbagai organisasi dan lembaga sosial. Ia menjadi Dewan Penasihat Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia, Dewan Penasihat Perhimpunan Tempat Ibadat Tri Dharma Se-Indonesia, dan anggota Lions Club Ronggolawe Tuban District 397.

Tjong Ping juga terlibat dalam kegiatan sosial melalui Yayasan Sosial Satu Tekad Perjuangan Indonesia Tuban. Yang kini memiliki sekitar 50.000 anggota. Yayasan ini berfokus pada berbagai bidang seperti bantuan hukum, pendidikan, bantuan kaki palsu, dan program bantuan sosial lainnya.

“Dalam bidang ekonomi kerakyatan, saya berkomitmen untuk memajukan sektor pertanian dan perkebunan, perikanan, koperasi, peternakan, dan pariwisata,” tandasnya. Ia juga kerap terlibat advokasi jatuhnya harga hasil pertanian dan perkebunan. Dan terus fokus pada pemberdayaan UMKM guna menurunkan tingkat kemiskinan.

Ia ingin memastikan bahwa kekayaan alam bisa memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat setempat. Dengan latar belakang dan keterlibatannya yang luas itulah, Tjong Ping siap kembali maju dalam Pileg 2024 DPRD Jawa Timur. 

“Saya ingin terus memperjuangkan aspirasi masyarakat, meningkatkan kesejahteraan, dan memajukan ekonomi kerakyatan. Terutama di wilayah Tuban dan Bojonegoro,” ujarnya. (*/Rekomendasi Caleg)

Informasi Rubrik Rekomendasi Caleg Hubungi: Bagus Aji 082231190114

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: