Yang Terbaik di Ajang Surabaya Tourism Awards 2023: Ketulusan Hotel Bumi Perlakukan Batik (11)

Yang Terbaik di Ajang Surabaya Tourism Awards 2023: Ketulusan Hotel Bumi Perlakukan Batik (11)

Pegawai Hotel Bumi Surabaya mengenakan berbagai macam seragam tradisional yang membuat mereka Juara STA 2023-Moch Sahirol Layeli/Harian Disway-

Bumi Surabaya Hotel Resort dinobatkan sebagai The Most Innovative Uniform Surabaya Tourism Awards (STA) 2023. Semua pegawai wajib pakai batik dari berbagai penjuru Indonesia. 

”Selamat datang,” sapa empat perempuan yang berdiri di pintu Bumi Surabaya Hotel Resort, 29 Juni 2023. Kebaya cokelat melingkupi anggun tubuh mereka. Mereka memadukan bawahan batik khas Surabaya dan atasan polos berwarna cokelat. Tak cukup sampai di sana. Selempang yang mereka kenakan juga bermotif batik.

Satu di antara mereka langsung mengantarkan tamu resepsionis. Di sana petugas juga mengenakan batik yang berbeda. Rupanya, setiap divisi bisa dibedakan dengan batik yang dikenakan. Dengan begitu, pengunjung tidak bingung.

Dari pintu masuk hingga resepsionis, mata pengunjung dimanjakan dengan ornamen tradisional. Patung, alat musik, dan kain batik menghiasi ruang hotel. Miniatur candi berdiri gagah di sela-sela keindahan hotel tersebut.

BACA JUGA:Yang Terbaik di Ajang Surabaya Tourism Awards 2023: Yuk, Berwisata Bersama Grand Dafam Signature (10)

BACA JUGA:Yang Terbaik di Surabaya Tourism Awards 2023: UMKM Naik Kelas di Pop! Hotel Stasiun Kota (9)

Heritage. Itulah tema yang diusung hotel yang ada di tengah Kota Surabaya tersebut. Pengunjung seolah diajak masuk ke lorong waktu, menikmati benda-benda koleksi hotel yang usianya puluhan hingga ratusan tahun.


Hotel Bumi menjulang tinggi di kawasan tengah kota Surabaya.-Moch Sahirol Layeli/Harian Disway-

Hotel Bumi terletak di salah satu ruas segitiga emas Surabaya. Tepatnya, di Jalan Jenderal Basuki Rachmat yang ditempati berbagai gedung pencakar langit.

Batik yang dikenakan tak hanya berasal dari Jawa Timur. Ada pula batik dari Jawa Tengah dan Bali. Tidak hanya berbeda di setiap departemen, setiap sif juga mengenakan batik dengan motif dan warna yang beragam. Sangat variatif.

”Batik ini sudah menjadi ketentuan dari manajemen hotel. Pada hari-hari tertentu, kami diperbolehkan mengenakan pakaian bebas, tetapi tetap harus berbatik. Namun, batik tersebut milik pribadi masing-masing,” ujar Marcom Bumi Surabaya Hotel Resort Iklillah Dini, Kamis, 29 Juni 2023.

Seragam yang digunakan seluruh staf hotel mendapat perlakuan khusus dari manajemen hotel. Beberapa bagian seragam tidak diizinkan dibawa pulang, tetapi dicuci di hotel. 

Hal itu dilakukan untuk menjaga kualitas warna batik. Jika ada seragam yang warnanya memudar atau motifnya pudar, manajemen hotel akan menggantinya dengan seragam baru dengan motif dan warna yang berbeda pula. 

Konsep batik sudah dipakai Hotel Bumi sejak awal berdiri. Namun, baru kali ini mereka mendapat apresiasi khusus dari dewan juri Surabaya Tourism Awards 2023. ”Kami terkejut ketika memenangkan penghargaan dalam kategori ini. Kami selalu berupaya mempertahankan warisan sejarah. Inilah ciri khas hotel kami,” ungkap Iklillah.


Keindahan ruang terbuka Hotel Bumi Surabaya.-Moch Sahirol Layeli/Harian Disway-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: