Meta Grup Luncurkan Threads Instagram Pesaing Twitter, 5 Juta Pengguna dalam 4 Jam

Meta Grup Luncurkan Threads Instagram Pesaing Twitter, 5 Juta Pengguna dalam 4 Jam

Tampilan Beranda Pada Aplikasi Threads--

HARIAN DISWAY - Threads Instagram adalah platform buatan Meta Group yang memungkinkan pengguna menerbitkan unggahan dengan keterangan pendek atau status yang mengandung hingga 500 karakter. Mirip Twitter yang dikuasi Elon Musk. Aplikasi yang diluncurkan 6 Juli 2023 itu sudah diunggah 5 juta pengguna dalam 4 jam. Angkanya diprediksi terus meningkat drastis dalam beberapa hari ke depan.

Di setiap status atau thread, Anda bisa menyertakan tautan, foto, atau video berdurasi sampai 5 menit. Konsepnya mirip Twitter. Namun, terdapat kesamaan dan perbedaan dalam segi tampilan. 

Lantas, seperti apa sih Threads yang baru dirilis oleh Meta Grup?

Tampilan Threads di PlayStore--

Perbedaan Threads dan Twitter

Perbedaan Threads dan Twitter terletak pada tampilan utama. Threads memiliki tampilan clean dan sederhana yang menyenangkan sama seperti ciri khas Instagram. Username pengguna ditempatkan di bagian paling atas timeline, lalu di bawahnya ada status update yang diunggah.

Pada bagian bawahnya, terdapat tanda like, komentar, reupload dan bagikan unggahan tersebut baik ke Instagram Story, Feed, copy link, atau bagikan via platform lainnya.

Berikut perbedaan lainnya:

 

  1. Jika pengguna lain belum memiliki akun Threads, maka akan ditampilkan sebagai ‘tertunda’ sampai mereka bergabung.
  2. Followers di Instagram dapat mengikuti Anda di Threads saat mereka bergabung Di Threads.
  3. Pengguna dapat mengikuti dan berhenti mengikuti akun yang berbeda di Threads dan Instagram.
  4. Jika pengguna memblokir akun di salah satu aplikasi, maka akun yang diblokir tidak dapat melihat Anda di kedua aplikasi.
  5. Sama seperti di Instagram, pengguna dapat memilih untuk memiliki profil pribadi atau private maupun publik di Threads. Pengaturan ini bisa berbeda dari pengaturan Instagram. 

Aplikasi Threads Instagram bertautan dengan akun Instagram Anda. Karena itu, untuk registrasi, Anda membutuhkan akun Instagram. Cukup ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Unduh aplikasi Threads Instagram dari App Store atau Google Play Store.
  2. Setelah selesai download, Buka aplikasi.
  3. Secara otomatis, aplikasi Threads akan terhubung dengan Instagram.
  4. Lakukan registrasi dengan akun Instagram yang tersedia. Jika anda memiliki lebih dari satu akun Instagram, Pilih menu 'Switch Account' atau 'Ganti Akun' untuk menyesuaikan mana profil Instagram yang ingin Anda gunakan di Threads.
    Lengkapi informasi akun anda seperti Bio, Link atau klik "Import from Instagram". Jika tidak ingin ada informasi tersebut, pengguna dapat klik "Skip" di pojok kanan atas.
  5. Pilih tipe akun Threads Anda, apakah akan dibuat terlihat untuk publik atau privat.
  6.  Anda bisa mengikuti semua akun sesuai yang diikuti di Instagram atau mengikuti akun-akun terbaru.
  7. Klik 'Join Threads' atau 'Gabung dengan Threads'. (Nela Erdianti)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: