Pameran Kecerdasan Buatan, Wajah Masa Depan di Shanghai

Pameran Kecerdasan Buatan, Wajah Masa Depan di Shanghai

SINKRONISASI GERAKAN oleh robot yang menari pada ajang Konferensi Kecerdasan Buatan Dunia di Shanghai.-China Daily-

SHANGHAI, HARIAN DISWAY – Tajuk acara itu adalah Konferensi Kecerdasan Buatan Dunia (WAIC). Diselenggarakan di Shanghai, 6-8 Juli 2023. Dan di situ, tergambar wajah masa depan yang bakal penuh robot-robot pintar.

 

Perhelatan itu memecahkan sejumlah rekor. Ada lebih dari 30 model artificial intelligence (AI) yang dipamerkan. Bentuknya beragam, menjulur pada berbagai bidang industri.

 

Lalu, ada lebih dari 1.400 tamu penting yang hadir. Termasuk empat pemenang Penghargaan Nobel dan Turing Award. Lebih dari 80 akademisi dari Tiongkok dan asing berpartisipasi. Plus 50 lebih perusahaan rintisan dan 400 pemain lama yang unjuk karya. Termasuk di antaranya Huawei, Alibaba, Apple, dan Tesla.

 


ROBOT BARISTA meracik kopi di tengah-tengah Konferensi Kecerdasan Buatan Dunia di Shanghai.-China Daily-


ROBOT PEMAIN BASKET ini menunjukkan presisinya saat memasukkan bola ke ring.-China Daily-

 

Mereka mempresentasikan berbagai hasil industri. Misalnya wujud fisik robot yang dilengkapi kecerdasan buatan, chip, teknologi robotika, dan mobil otonom tanpa pengemudi.

 

Pameran tersebut memang bertujuan untuk meneropong masa depan yang disokong oleh konektivitas cerdas. Yakni, jaringan internet berskala besar yang menunjang transfer data secara cepat.

 

BACA JUGA : Kecerdasan Buatan yang Semakin Marak di Kehidupan (3) : ITS Kolaborasikan Teknologi AI dengan Robot

BACA JUGA : Ribuan Pekerja IBM akan Diganti Robot Artificial Intelligence

 

Event tersebut sudah terselenggara rutin sejak 2018. Fokus kegiatannya adalah pembentukan sarana kerja sama dan pertukaran teknologi secara global. (Doan Widhiandono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: