Elon Musk Bikin Pesaing ChatGPT: xAI, Besok Adakan Pertemuan di Twitter Spaces

Elon Musk Bikin Pesaing ChatGPT: xAI, Besok Adakan Pertemuan di Twitter Spaces

Tampilan Beranda xAi yang diakses pada hari ini (13/7) --x.ai

HARIAN DISWAY – Bos Perushaan Tesla dan CEO Twitter Elon Musk mengumumumkan  perusahaan baru di bidang kecerdesan buatan atau  AI. Ia mengumumkannya melalui Twitter, Rabu, 12 Juli 2023. Perusahaan yang diberi nama xAI itu, bakal jadi saingan berat ChatGPT.

Dilansir dari The Verge, Elon Musk menyiapkan xAI sejak 9 Maret 2023. Ia menjabat direktur utama, sedangkan Jared Birchall terdaftar sebagai sekretarisnya. Hingga perusahaan ini diumumkan, terdapat 12 tokoh yang bergabung. Di antaranya, Igor Babuschkin, Manuel Kroiss, Jimmy Ba, dan Yuhuai (Tony) Wu.

BACA JUGA:Dosen Artificial Intelligence

BACA JUGA:Ribuan Pekerja IBM akan Diganti Robot Artificial Intelligence

Tim yang disebutkan melalui website resmi xAI pernah bekerja di DeepMind, OpenAI, Google Research, Microsoft Research, Tesla, dan University of Toronto.

 


Pengumuman Elon Musk melalui Akun Twitter Pribadinya --twitter.com

Awalnya Elon mendukung OpenAI: pencipta ChatGPT. Belakangan ia mengkritik Chat GPT karena diniliai buruk dan memunculkan bias.

Secara detail xAI menawarka beberapa trobosan dengan jargon Understand the Universe. Selain itu, tim di xAI juga akan dibimbing oleh Dan Hendrycks yang merupakan direktur lembaga nirlaba Center for AI Safety.

xAI sendiri dikatakan sebagai startup yang terpisah dari X Corp, tetapi akan bekerja sama dengan Twitter, dan Tesla.

Tampilan Beranda xAi yang diakses pada hari ini (13/7) --x.ai

Belum ada yang tahu seberapa banyak dana yang dipakai Elon musk, apa tujuan spesifiknya atau jenis kecerdasan buatan apa yang ingin difokuskan oleh perusahaan? Namun berdasarkan laporan dari Business Insider pada April 2023, terungkap bahwa Elon Musk membeli ribuan unit pemrosesan grafis (GPU) untuk menggerakkan produk AI generatif buatannya.

Financial Times juga melaporkan bahwa Elon Musk memperoleh dana dari investor SpaceX dan Tesla. Kabarnya, Tim xAI bakal mengadakan pertemuan di Twitter Spaces besok, 14 Juli 2023 untuk membicarakan secara detail misi apa yang akan dibawa oleh startup mereka. Selain itu, para tamu yang hadir berkesempatan untuk mengajukan pertanyaan.

Akan menarik jika pertanyaannya dijawab ChatGPT rasa Elon Musk itu. (Nela Erdianti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: