Apel Siaga Perubahan Nasdem Tak Umumkan Bacawapres Anies

Apel Siaga Perubahan Nasdem Tak Umumkan Bacawapres Anies

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh melihat geladi bersih Apel Siaga Perubahan Partai Nasdem di Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu, 15 Juli 2023. -Dokumentasi Partai Nasdem-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Ribuan kader Nasdem melakukan geladi bersih Apel Siaga Perubahan di stadion Gelora Bung Karno, Sabtu, 15 Juli 2023. Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh pun hadir dalam persiapan itu. 

“Kalau tadi kita sama-sama nonton geladi tadi, saya pikir belum sempurna 100 persen. Tapi sudah memenuhi ekspektasi. Itu sudah lebih dari cukup untuk kita gunakan besok (hari ini, red.),” kata Wakil Ketua Umum DPP Nasdem Ahmad Ali, Sabtu, 15 Juli 2023.

Ahmad Ali memastikan bahwa pada Apel Siaga Perubahan tersebut tidak akan ada pengumuman bakal calon wakil presiden (Bacawapres) Anies Baswedan. “Ini murni acara konsolidasi partai Nasdem menyongsong pemilu 2024. Jadi, partai koalisi itu diundang hanya lima orang,” ungkapnya.

Menurutnya, saat ini bukan waktu yang tepat untuk mengumumkan bacawapres. Namun, sekarang adalah waktu untuk melakukan konsolidasi. Pun setelah itu, ia akan mengajak seluruh partai koalisi untuk menyusun jadwal konsolidasi di tiap daerah.

“Artinya kalau diumumkan sekarang kan kita buka strategi yang belum dibuka pada waktunya. Orang akan cari kelemahan, cari hal-hal lain. Kemudian nanti akan melemahkan pasangan ini. Sehingga menurut saya itu langkah yang sangat taktis,” bebernya.

Selain perwakilan koalisi, ada juga tokoh-tokoh lokal. Termasuk para ulama dan tokoh agama. Tidak termasuk Presiden Indonesia Joko Widodo. “Kita tidak mengundang ormas. Kita lebih banyak mengundang personal. Beberapa kiai yang ada di Jakarta,” ungkapnya.

Namun, ia belum bisa memastikan dalam konsolidasi Nasdem nanti, Ketua Umum DPP Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan hadir atau tidak dalam kegiatan itu. “Harusnya sih hadir. Dalam konteks kebersamaan partai koalisi,” ucapnya.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD Nasdem Surabaya Imam Syafi'i mengungkapkan, dari Jatim berangkat sekitar 7.800 orang. Semua itu adalah perwakilan pengurus partai. “Jadi ini bukan pengerahan massa,” ungkapnya.

Saat ini, mereka semua sedang dalam perjalanan menuju Jakarta. Siang tadi, mereka melakukan perjalanan dari daerah masing-masing langsung ke GBK. “Kita naik bus. Ini swadaya kita. Murni hanya konsolidasi internal,” tegasnya.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin mengungkapkan, estimasi massa yang hadir di GBK sekitar 180 ribu sampai 200 ribu. “Ada beberapa venue yang akan kita jadikan sebagai kantong-kantong parkir. Sehingga aktivitas masyarakat yang lain juga bisa berjalan,” ungkapnya.

Untuk mengamankan konsolidasi internal itu, ia akan menurunkan 3.200 personel polisi. “Konsep pengamanan ring satu, dua, dan tiga. Mereka akan mengitari wilayah GBK. Termasuk juga sampai mau masuk,” jelas perwira melati tiga itu. (Michael Fredy Yacob)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: