Panglima TNI Akan Pimpin Langsung Latihan Gabungan TNI

Panglima TNI Akan Pimpin Langsung Latihan Gabungan TNI

Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf saat memimpin persiapan latgab di Makodam V/Brawijaya, Selasa, 18 Juli 2023.--

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Latihan gabungan (Latgab) TNI akan dilakukan akhir bulan ini. Mulai 28 Juli sampai 4 Agustus 2023. Tiga matra TNI ikut di latgab itu. Nantinya, akan melibatkan 7.500 prajurit TNI. Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memimpin langsung latgab itu.

 

Semua unsur pimpinan satuan pun dilibatkan. “Ini menunjukkan bahwa Panglima TNI sangat peduli dengan prajurit yang bertugas di lapangan,” kata Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf, Selasa, 18 Juli 2023.

 

Jenderal bintang dua itu pun akan ikut serta memimpin pelaksanaan latgab itu. Ia ditunjuk sebagai Panglima Komando Tugas Darat Gabungan (Kogasratgab) 2023.

 

Panglima Kogasratgab memiliki tugas pokok memimpin seluruh pasukan matra darat. Ia akan memimpin langsung serangan darat ke wilayah pertahanan musuh. Tentunya harus bisa menyiapkan seluruh personel dan alutsista. Termasuk dukungan lainnya yang dibutuhkan dalam pelaksanaan operasional darat tersebut.

 

BACA JUGA : Unjuk Kekuatan saat HUT ke-77, TNI-AU Kian Disegani

BACA JUGA : TNI-AL Latihan Bareng Tentara Filipina

 

Terdapat beberapa unsur satuan yang nantinya berada di bawah kendali dirinya. Selain satuan tugas darat (Sagasrat) yang terdiri dari tiga brigade tempur, terdapat beberapa satuan bantuan tempur lainnya yang bertugas memperkuat pertahanan Satgasrat.

 

Satuan-satuan itu meliputi resimen armed, batalyon kavaleri, artileri pertahanan udara, artileri medan, detasemen peralatan, perbekalan dan angkutan, polisi militer, batalyon kesehatan, hingga satuan intelijen kodam dan satuan sandi kodam.

 

“Latihan gabungan itu berisi operasi lintas udara, laut gabungan, udara gabungan, amfibi, darat gabungan, operasi pendaratan, serta latihan daratan khusus, dan operasi dukungan,” ungkapnya.

 

Menurutnya, latgab itu adalah kesempatan terbaik baginya dan personelnya untuk berlatih dengan matra lain di medan yang sesungguhnya.

 

“Kesempatan seperti ini tidak datang setiap tahun. Karena itu, latihan ini akan kami manfaatkan sebaik-baiknya, untuk melatih prajurit memahami situasi pertempuran dan menguji coba alutsista yang kami miliki,” bebernya.

 

Kami semangat berlatih, karena Panglima TNI dan para pejabat Mabes TNI sendiri yang memimpin dan ikut berlatih juga.

 

Dalam latihan itu, Panglima Koarmada II Laksda TNI Maman Firmansyah ditugaskan sebagai panglima Kogasgabfib. Senin kemarin, 17 Juli 2023, ia menghadiri pembukaan geladi posko Kogabwilhan II.

 

Latposko tersebut merupakan serangkaian kegiatan dari Latgab TNI. Diikuti 303 orang peserta dari TNI AL, TNI AU, dan, TNI AD. Temanya: Kogabwilhan TNI Melaksanakan Kampanye Militer di Mandala Operasi Dalam Rangka Menegakkan Kedaulatan NKRI. (Michael Fredy Yacob)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: