Perjalanan Greg Nwokolo dari Nigeria, Singapura, dan Kembali ke Arema

Perjalanan Greg Nwokolo dari Nigeria, Singapura, dan Kembali ke Arema

Potret latihan Greg Nwokolo bersama Timnas-Instagram @greg11n-

MALANG, HARIAN DISWAY - Gregory Junior Nwokolo atau yang akrab disapa Greg Nwokolo merupakan pemain yang tidak asing bagi pecinta sepak bola Indonesia. Setelah melanglang buana ke berbagai klub, ia akhirnya kembali ke Kota Malang untuk Arema FC.

Dari tempat kecilnya, Nigeria, Greg yang masih muda kala itu memberanikan diri untuk menuju Asia. Greg yang tidak punya catatan karir sepak bola di luar negeri, memulai perjalanannya di Tampines Rovers, klub asal Singapura.

Namanya mulai dikenal bersama tersebut pada tahun 2003 hingga menjuarai karir profesional pertamanya bersama Tampines Rovers di tahun 2004 di Piala Liga Singapura. Greg muda, mengemas 9 gol dalam 19 pertandingan.

Kesuksesan Greg bersama Tampines Rovers, membuat Sriwijaya FC tertarik untuk mendatangkannya pada musim 2004 hingga 2005. Pemain ini mampu menciptakan kenangan untuk Sriwijaya FC dengan 7 gol di 20 penampilan.

Layaknya Zlatan Ibrahimovic, pemain asal Nigeria ini memang suka bergonta-ganti klub. Tidak hanya Tampines Rovers, Greg juga pernah bermain klub lain di Asia Tenggara seperti; Young Lions (Singapura), Warriors (Singapura), Chiangrai United (Thailand) dan BEC Tero (Thailand).

Bahkan, tidak hanya di Asia saja, klub Eropa asal Portugal juga pernah Ia jajaki. Klub itu adalah S.C. Olhanense, yang pernah dilatih oleh mantan legenda Ajax Amsterdam, yakni Edgar Davids pada 2021 silam. Sayangnya, Greg disana tidak bisa tampil bersaing. Ia hanya menampilkan 13 pertandingan tanpa gol.


Postingan Welcome Greg Nwokolo di Instagram Arema FC -Instagram @aremafcofficial-

Sementara karirnya di dalam negeri, juga banyak klub yang dijadikan Greg sebagai pilihan karirnya. Seperti; PSIS, PSMS, Persis Solo, Persija, Arema, Bhayangkara FC dan terakhir Madura United. 

Momen Gol Bersama Timnas Indonesia Melawan Fulham

Greg Nwokolo yang dinaturalisasi oleh Timnas Indonesia pada 2013 langsung disodorkan pertandingan melawan klub papan atas Liga Inggris. Namun, pertandingan itu bukan untuk senior, melainkan U-21. Indonesia yang saat itu di latih oleh Coach Jajang Nurjaman berhasil mencetak gol ke gawang Fulham U-21.

Dengan potongan mohawk yang membuatnya terlihat tengil di pertandingan itu, Greg mencetak gol pada menit ke-35. Meniru gocekan ala Cristiano Ronaldo, Greg Nwokolo sukses melewati 5 pemain belakang Fulham. Ia kemudian memberi shot dengan kaki kiri dari luar kotak pinalti, membuahkan 1 gol untuk Indonesia. 

Gol kedua berlanjut kepada Indonesia melalui Titus Bonai yang sekaligus menjadi puncak pertandingan yang dimenangkan oleh Indonesia dengan skor 2-0.

Kembali Dengan Arema FC

Setelah memutuskan untuk vakum selama semusim, Greg Nwokolo kini kembali dengan Arema FC sebagai pemain baru, Ia tampil sebagai ujung tombak Arema bersama Gustavo Almeida yang saat ini menjadi top skor Liga 1 BRI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: