PBB-Gelora Siap Dukung Prabowo Jadi Capres, Ganjar Masih Unggul di Survei

PBB-Gelora Siap Dukung Prabowo Jadi Capres, Ganjar Masih Unggul di Survei

Dalam deklarasinya, PBB juga mengajak Partai Buruh untuk ikut mendukung memenangkan Prabowo di Pilpres 2024-Foto/Dok/Andrew-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Dukungan terhadap Prabowo Subianto agar maju sebagai calon presiden (capres) di 2024 terus menguat. Terbaru, Partai Bulan Bintang (PBB) resmi mendeklarasikan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai capres 2024, Minggu 30 Juli 2023.

Deklarasi itu dilakukan tepat di perayaan Milad ke-25 PBB di ICE BSD, Tangerang Selatan. Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra optimistis, Prabowo akan memenangkan Pilpres 2024 setelah didukung PBB.

"Pada kesimpulan sekali ini, PBB harus memutuskan mencalonkan Pak Prabowo sebagai capres. Insya Allah sekali ini setelah Prabowo maju 2014, mungkin 2019 beliau belum memenangkan. Tapi kali ini insya Allah dengan dukungan PBB, Prabowo akan memenangkan pertarungan Pilpres 2024," ujar Yusril di lokasi.

Yusril menjelaskan, saat ini dirinya ditantang oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin untuk menguji kesaktiannya dalam menentukan dukungan di kancah pilpres.

"Dukungan ini tidak semata-mata kalkulasi rasional, tapi juga perhitungan batiniah yang membuat saya sampai," imbuhnya. 

Sementara itu, dukungan lain kemungkinan tak lama lagi di dapat dari partai non parlemen, Gelora. Sebab, Ketua Umum Partai Gelora, Anis Matta mengatakan, pihaknya segera mendeklarasikan Prabowo Subianto sebagai capres dalam Pilpres 2024.

"Sudah menyampaikan suratnya, Prabowo sebagai calon presiden. Kedua, sudah melakukan pembicaraan dengan Pak Prabowo," kata Anis, saat hadir di Milad PBB sekaligus pendeklarasian Prabowo sebagai capres.

"Kami menyatakan dukungan karena ada kedekatan ideologi dengan beliau. Karena Gerindra itu dekat dengan kami," ujar Anis Matta.

Sementara itu, lembaga survei yang berbasis di Australia, Utting Research merilis hasil jajak pendapat terkait elektabilitas para tokoh menjelang Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2024.

Hasilnya, nama Ganjar Pranowo menjadi tokoh yang berada di peringkat pertama. Berada di atas Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Managing Director Utting Research John Utting mengatakan, ketiga bakal calon presiden (bacapres) tersebut memiliki perolehan suara yang tidak berjauhan. Elektabilitas Ganjar Pranowo tercatat mencapai 34 persen, disusul Prabowo Subianto sebesar 33 persen, dan Anies Baswedan hanya 27 persen.

Sisanya, sebanyak tiga persen responden menjawab rahasia dan atau belum memutuskan. Sementara tiga persen lainnya memilih untuk tidak menjawab.

"Pilpres 2024 Indonesia sangat menarik. Hingga delapan bulan menjelang hari-H, pemenangnya masih sangat tidak jelas. Tiga kontestan terkuat masih sangat berimbang elektabilitasnya," ujar John dalam keterangan tertulis, Jumat, 28 Juli 2023.

Menurut John, dengan selisih yang tipis di antara ketiga calon membuat kompetisi masih rentan terjadi perubahan pilihan pemilih menjelang pilpres nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: