Latihan Gabungan TNI untuk Pengabdian Terakhir KRI Slamet Riyadi-352

Latihan Gabungan TNI untuk Pengabdian Terakhir KRI Slamet Riyadi-352

PENINJAUAN oleh, dari kiri, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf, Pangkogabwilhan II Marsdya TNI Andyawan Martono dan Komandan Kodiklat TNI Letjen TNI Eko Margiyono di Makoarmada II.-Moch. Sahirol Layeli-Harian Disway-

SITUBONDO, HARIAN DISWAY – Latihan Gabungan (Latgab) TNI kali ini dilaksanakan di perairan Asembagus, Banongan, Situbondo. Mulai 28 Juli-4 Agustus 2023. Latihan tersebut diikuti oleh tiga matra: Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan Angkatan Darat.

 

“Latgab terakhir kami lakukan pada 2018. Sehingga, banyak personel yang masih belum pernah mengikuti latihan ini,” kata Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) II Marsdya TNI Andyawan Martono, Kamis, 27 Juli 2023.

 

BACA JUGA : Panglima TNI Akan Pimpin Langsung Latihan Gabungan TNI

 

Latgab itu untuk menguji kesiapsiagaan setiap Kogabwilhan. Juga mengukur kemampuan pasukan dan alutsista yang terlibat. Serta mengoptimalkan kekuatan tempur TNI. Sebelum melakukan kegiatan itu, Kogabwilhan melakukan gelar pasukan di dermaga ujung Madura, Pangkalan Koarmada II. 

 

Sekitar 5.231 prajurit dari tiga matra ikut dalam apel gelar pasukan. Peralatan perang pun sudah terpajang di dermaga itu. Mulai tank amfibi, helikopter, tank BMP 3F, BVP-2, KAPA, Howitzer, RM-70 Grad dan beberapa jenis senjata.

 


KESIAPAN PRAJURIT tiga matra menjelang apel gelar pasukan di Dermaga Ujung, Kamis, 27 Juli 2023.-Moch. Sahirol Layeli-Harian Disway-

 

Latihan tersebut juga melibatkan 35 Kapal Republik Indonesia (KRI) berbagai jenis. Di antaranya, kapal cepat rudal, kapal perusak kawal rudal, LST, kapal buru ranjau, kapal bantu tunda, LPD, dan kapal bantu rumah sakit.

 

Sementara KRI yang digunakan sebagai sasaran tembak rudal adalah KRI Slamet Riyadi-352 yang sudah dipensiunkan sejak Agustus 2019. (Michael Fredy Yacob)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: