Liga Pro Arab Saudi: Cristiano Ronaldo, Jordan Henderson, Karim Benzema Hanya Permulaan

Liga Pro Arab Saudi: Cristiano Ronaldo, Jordan Henderson, Karim Benzema Hanya Permulaan

Potret aksi Cristiano Ronaldo-Instagram @cristiano-

HARIAN DISWAY - Investasi klub-klub Liga Pro Arab Saudi untuk mendatangkan pemain bintang bakal terus berlanjut. Hal itu diungkapkan salah satu direktur eksekutif Liga Pro Arab Saudi: Peter Hutton.

"Saya pikir anggaran sudah tersedia untuk beberapa tahun ke depan - Anda tahu: saya tidak melihat ini melambat," kata pria asal Inggris itu.

Liga Pro Saudi telah berhasil menarik beberapa nama besar sepak bola sejak pemenang lima kali Ballon d'Or, Cristiano Ronaldo, bergabung pada Januari dari Manchester United. Mereka termasuk mantan penyerang Real Madrid, Karim Benzema, mantan kapten Liverpool Jordan Henderson, dan pemain-pemain ternama dari Chelsea, Manchester City, dan Bayern Munich.

Bulan lalu, Al-Hilal membuat tawaran senilai rekor dunia £259 atau nyaris Rp 5 triliun untuk penyerang Paris St-Germain, Kylian Mbappe.

BACA JUGA:Siiiiiuuu, Cristiano Ronaldo Kembali Cetak Gol Bersama Al-Nassr

BACA JUGA:Cristiano Ronaldo: Liga Arab Menuju 5 Liga Top Dunia, Liga Inggris Menurun

Hutton, yang pernah menjadi eksekutif senior di Eurosport, ESPN, IMG dan Facebook sampai geleng-geleng kepala karena situasi itu. "Saya sudah bekerja di dunia olahraga selama 40 tahun dan belum pernah melihat proyek sebesar ini, seambisius ini untuk sukses," katanya dikutip dari BBC Sports.

Menurutnya, sepak bola Eropa tidak akan sekuat sebelumnya. Hal tersebut bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. Menurutnya, pengeluaran oleh Arab Saudi ke dalam konteks yang tepat. "Itu membuat dunia olah raga berbicara, tetapi hanya seperempat atau seperlima dari apa yang telah dihabiskan oleh klub-klub Liga Primer musim panas ini," lanjutnya.


Potret selebrasi Cristiano Ronaldo dkk. di Al-Nassr-Instagram @cristiano-

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, mengatakan bahwa kekuatan finansial Liga Pro Saudi telah mengubah pasar transfer dan klub-klub elit perlu menyadari apa yang sedang terjadi. Sementara itu, pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengungkapkan kekhawatirannya tentang jendela transfer yang ditutup terlalu akhir di Arab Saudi.

Menurut Transfermarkt, klub-klub Arab Saudi telah menghabiskan 409 juta euro (£352 juta) sampai saat ini musim panas ini - jumlah total kelima tertinggi di sepak bola dunia dan lebih dari La Liga Spanyol yang menghabiskan 254 juta euro (£218 juta). Liga Primer Inggris memimpin dengan pengeluaran 1,37 miliar euro (£1,17 miliar).

Ketika ditanya seberapa besar ancaman Arab Saudi bagi kekuatan-kekuatan mapan dalam sepak bola, Hutton mengatakan: "Investasi dari Arab Saudi luar biasa. Ini tentu merupakan akselerasi besar," lanjutnya.

Pertanyaan tentang 'sportswashing'

Arab Saudi telah berinvestasi dengan besar dalam olahraga dalam beberapa tahun terakhir dan dituduh menggunakan acara olahraga sebagai upaya sportswashing untuk membersihkan reputasinya. Ada kekhawatiran tentang hak asasi manusia dan hak-hak perempuan di negara itu, sementara aktivitas seksual sesama jenis ilegal di Arab Saudi dan hukuman mati menjadi hukuman mungkin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: