Ditunjuk Pimpin Persebaya, Mampukah Uston Nawawi Keluar dari Bayang-bayang Aji Santoso?

Ditunjuk Pimpin Persebaya, Mampukah Uston Nawawi Keluar dari Bayang-bayang Aji Santoso?

Momen saat Uston Nawawi berdiskusi dengan Aji Santoso.--

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Keputusan besar dibuat manajemen Persebaya selepas kalah 1-2 dari Persikabo di Gelora Bung Tomo, Jumat 4 Agustus 2023. Pelatih Persebaya Aji Santoso diistirahatkan. Sebagai gantinya, posisi head coach diserahkan pada Uston Nawawi, yang sebelumnya menjadi asisten pelatih.

Tidak dijelaskan mengapa pilihan itu jatuh pada Uston Nawawi. Meskipun selama ini Persebaya punya sejumlah asisten pelatih, termasuk Mustaqim dan Bejo Sugiantoro. Pro-kontra pun terjadi.

Yang mendukung Uston menganggap sang pelatih sudah membuktikan pernah memberikan gelar juara untuk Persebaya. Meskipun di level kompetisi junior. Di Elite Pro Academy U-20 musim 2019.

Di kompetisi itu, Uston juga sudah bekerjasama dengan Yahya Alkatiri, manajer Persebaya. Saat itu Yahya menjabat sebagai manajer tim EPA U-20.

Catatan kebersamaan itu disebut-sebut sebagai salah satu pertimbangan utama. Agar pelatih dan manajer punya chemistry yang kuat. Konon kabarnya, selama ini hubungan Yahya Alkatiri dan Aji Santoso sering "naik turun".

Tapi yang kurang sreg dengan Uston juga ada. Salah satu pertimbangannya adalah Uston termasuk kurang pengalaman. Apalagi jika dibandingkan dengan Mustaqim.

Catatan perjalanan Mustaqim di level kepelatihan profesional memang lebih baik. Ia pernah turut mengantarkan Persija Jakarta menjadi juara. Saat itu Mustaqim juga menjadi asisten pelatih.

Di internal pun keputusan menunjuk Uston Nawawi tidak bulat. Bukan tidak setuju. Tapi lebih pada adanya kekhawatiran-kekhawatiran Uston Nawawi tidak bisa maksimal menjalankan tugas berat sebagai nakhoda Persebaya.

"Posisi Aji Santoso yang masih mengambang dengan kata diistirahatkan ini juga bisa menjadi beban untuk penggantinya. Mampukah si pengganti ini lepas dari bayang-bayang Aji Santoso, kalau Aji masih berada di dalam tim dengan status istirahat," ujar sumber Harian Disway dari internal Persebaya.

BACA JUGA: Kecewa! Dahlan Iskan Sebut Permainan Persebaya Belum Mencerminkan Tim Calon Juara

Berbeda kasus jika Aji Santoso secara kontrak profesional diberhentikan. Ia tentu sudah tidak lagi berada di dalam tim.

"Jadi kuncinya Uston harus bisa membuktikan ia bisa mengendalikan tim ini dengan cara dia. Bukan hanya pada pemain, tapi juga termasuk mengendalikan asisten pelatih yang kemarin posisinya sejajar dengannya," ungkap sumber itu.

BACA JUGA:Persebaya Istirahatkan Aji Santoso, Cari Pengganti Pelatih Asing?

Sebagaimana diketahui, manajemen Persebaya memang sudah mewarning Aji Santoso untuk bisa memenuhi target tujuh poin dalam tiga pertandingan. Yakni lawan Persikabo, Bhayangkara FC, dan Persita Tangerang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: