Rawon Dalam Daftar 10 Best Rated Soups In The World, Penggunaan Kluwek Disorot

Rawon Dalam Daftar 10 Best Rated Soups In The World, Penggunaan Kluwek Disorot

Rawon Setan Mak Su dari SWK Kasuari terenak se-Surabaya versi Surabaya Tourism Awards 2023.-Moch Sahirol Layeli/Harian Disway-

Surabaya, Harian Disway – Rawon, makanan khas Jawa Timur, telah meraih pengakuan internasional. Ia resmi masuk dalam daftar 10 Best Rated Soups in the World oleh Taste Atlas. Menurut daftar yang dirilis pada 3 Agustus 2023, rawon berhasil mencatat rating senilai 4,7.

 

Salah satu sup dari Thailand, yaitu Tom Kha Gai, meraih penilaian tertinggi dan menempati posisi pertama sebagai sup paling enak di dunia. Tom Kha Gai merupakan hidangan lezat nasional Thailand yang terkenal dengan sup ayam lengkuas rebus dari bagian utara negara tersebut.

 

Rawon, sebagai sup khas Jawa Timur yang diduga berasal dari Surabaya, memiliki keunikan dengan penggunaan buah kluwek. Buah kluwek itu berperan penting dalam memberikan warna hitam khas rawon. Tanpa penggunaan buah kluwek, rawon hanya akan menjadi sup biasa.

 

BACA JUGA : Yang Terbaik di Ajang Surabaya Tourism Awards 2023: Rawon Setan Mak Su SWK Kasuari, Paling Enak Se-Surabaya (19)

BACA JUGA : Rawon dan Soto Kedai Bu Yati Terenak se-Sukolilo

BACA JUGA : Penjurian Surabaya Tourism Awards 2023 di 49 SWK: Beradu Rawon Andalan

 

"Taste Atlas mencatat bahwa rawon adalah masakan unik Indonesia dari Jawa Timur. Sup beraroma itu terbuat dari daging sapi yang dimasak perlahan dengan bahan-bahan tradisional Indonesia seperti daun jeruk, serai, jahe, dan cabai," tulis Taste Atlas, dikutip pada Selasa, 1 Agustus 2023.

 

Taste Atlas juga menyoroti pentingnya buah kluwek atau kenari hitam sebagai ’’kunci’’ resep rawon. Meskipun ber khasiat, buah kluwek itu sangat beracun jika dikonsumsi segar. Sehingga harus didiamkan hingga menghitam. Setelah itu, dihaluskan dengan bahan dan rempah lainnya sebelum digunakan dalam masakan. Inilah yang memberikan cita rasa khas yang gurih, asam, dan warna hitam gelap yang unik pada rawon.

 


Rawon terenak di kecamatan Tandes dari Warung Lestari SWK Tandes.-Moch Sahirol Layeli/Harian Disway-

 

Selain itu, penyajian rawon juga telah berkembang. Penyajiannya kini tidak hanya memakai kuah dan daging. Makanan pelengkap seperti perkedel kentang, tempe goreng, empal, jeroan goreng, dan kerupuk udang juga sering disajikan di beberapa kedai. Itu membuat rawon sebagai makanan khas yang kaya rasa.

 

Kehadiran rawon dalam daftar itu harus membuar Anda bangga. Artinya, ada potensi kuliner asli Indonesia untuk lebih dikenal di kancah dunia. Jadi, siap-siaplah memasak rawon atau menuju kedai rawon di sekitar Anda… (Shinta Bella D.A.)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: