IMS GBK Berubah Jadi Indonesia Arena GBK, Bisa untuk Pertandingan atau Konser

IMS GBK Berubah Jadi Indonesia Arena GBK, Bisa untuk Pertandingan atau Konser

Presiden Jokowi, Menteri PUPR Basuki, Menteri BUMN Erick Tohir dan Menpora Dito Ariotedjo dalam peresmian Indonesia Arena GBK Senin, 7 Agustus-Kementerian PUPR-

HARIAN DISWAY - Indoor Multifunction Stadium (IMS) di kawasan olahraga Gelora Bung Karno (GBK) rampung dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo Senin, 7 Agustus 2023. 

IMS GBK lantas diubah namanya menjadi Indonesia Arena GBK. Selain pertandingan olahraga, stadion multifungsi tersebut kata Presiden Jokowi juga bisa digunakan untuk konser. 

“Meskipun saya lebih suka dibuat olahraga. Tapi konser penting juga, karena saya senang juga. Saya yakin akan banyak digunakan untuk konser,” jelas Presiden di sela-sela acara peresmian. 

BACA JUGA:Kemegahan Stadium IMS GBK Untuk Piala Dunia Basket 2023, Lihat Foto-Fotonya

Jokowi menyebut, Indonesia Arena adalah sebuah stadion dengan kapasitas 16.000 lebih penonton. Dibangun dengan biaya Rp 640 miliar. “Tapi pembangunannya selama 18 bulan. Sangat cepat sekali," kata Presiden Jokowi. 

Pembangunan Indonesia Arena GBK mulanya dilakukan dalam rangka menyambut pelaksanaan FIBA World Cup yang akan digelar pada 25 Agustus - 10 September 2023 mendatang. Indonesia terpilih sebagai tuan rumah bersama dengan Jepang dan Filipina.

Meski awalnya dibangun untuk penyelenggaraan FIBA World Cup 2023, Presiden Jokowi mengatakan Indonesia Arena juga dapat dimanfaatkan untuk sarana olahraga selain basket, seperti voli, bulutangkis, tenis, MMA, atletik, dan lain-lain. 

BACA JUGA:Stadium IMS GBK Rampung, Siap Gelar Piala Dunia FIBA Basketball World Cup 2023

Indonesia juga dapat difungsikan untuk sarana non olahraga seperti konser, meeting, convention, maupun exhibition.

"Kita harapkan setelah ini bisa terus digunakan untuk event-event nasional maupun internasional. Karena saya lihat stadion ini standarnya sudah bagus," ujar pria kelahiran Solo tersebut.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menerangkan, pembangunan infrastruktur olahraga berperan vital sebagai bagian dari dukungan Pemerintah untuk pembinaan atlet nasional supaya lebih berprestasi di tingkat internasional.

BACA JUGA:Penjualan Tiket Indonesia vs Argentina Tunggu Hasil Peninjauan SUGBK

"Pada SEA Games 2023 lalu, basket sudah juara meraih emas. Kita pun setelah memiliki stadion ini, maka prestasi harus lebih ditingkatkan lagi. Jadi KPI-nya (indikator kinerja kunci) harus prestasi," ujar Basuki. 

Basuki menjelaskan bahwa konsep Indonesia Arena adalah sarana olahraga indoor multifungsi. Karenanya, bisa untuk pertunjukan musik maupun olahraga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: