Ramen dengan Resep Otentik Jepang Hadir di Surabaya

Ramen dengan Resep Otentik Jepang Hadir di Surabaya

Ippudo, resto ramen dengan cita rasa otentik Jepang buka di Surabaya. -Moch Sahirol-Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Warga Surabaya selalu excited mencicipi beragam kuliner baru. Termasuk yang berasal dari negeri sakura. Ippudo, jaringan resto ramen terkemuka di Jepang, kini membuka cabang di Surabaya.

Cabang baru itu bertempat di Pakuwon Mall Surabaya. Selama ini, sudah ada delapan cabang Ippudo di Jakarta. Jadi, yang di Surabaya ini adalah cabang kesembilan di Indonesia.

BACA JUGA: Mencicipi Ramen Otentik di Pasar Keputran

’’Kalau ditanya kenapa Surabaya, tentu saja ini karena kita start dari Jakarta. Dan second largest city di Indonesia itu Surabaya,’’ jelas Amanda Sihombing, direktur Ippudo Indonesia kepada Harian Disway, saat grand opening Ippudo di Pakuwon Mall, 8 Agustus 2023.

Lalu kenapa di Pakuwon? ’’Tentu saja ini Pakuwon, kita semua tahu, adalah mal terbesar se-Asia. Jadi memang kita cari tempat yang paling cocok. Kebetulan dengan positioning restoran kita yang memiliki menu non-halal, wilayah barat ini adalah daerah yang cocok,’’ papar Amanda Sihombing.


Ippudo, resto ramen dengan cita rasa otentik Jepang buka di Surabaya. Beginilah suasananya saat grand opening, 8 Agustus 2023 lalu.-Moch Sahirol-Harian Disway-

Ippudo mengusung menu otentik dari Jepang. Chef-nya pun asli Jepang. Sehingga, rasa masakannya sama dengan Ippudo yang di Negeri Sakura.

Nah, meskipun ramen dengan resep otentik itu memiliki menu yang mengandung babi, warga Surabaya tidak perlu khawatir. Sebab, ada opsi menu yang non-pork. Bahkan Ippudo Indonesia adalah satu-satuya cabang yang mempunyai menu no pork no lard. Dapurnya dipisah. Penyimpanan bahannya juga dipisah. Pengolahannya pun benar-benar terpisah.

BACA JUGA: Masuk Daftar 10 Best Rated Soups In The World, Begini Resep Rawon Khas Surabaya!

BACA JUGA: Rawon Dalam Daftar 10 Best Rated Soups In The World, Penggunaan Kluwek Disorot

Demikian alat-alat makannya. Cutleries yang dipakai buat menyajikan menu pork tidak sama dengan yang untuk menu ayam dan sapi.

’’Bahkan hal se-detail piring, sendok garpu, sampai sumpit pun terpisah. Ada alat makan khusus menu babi. Warnanya beda dengan yang dipakai untuk menu ayam,’’ jelas Amanda.


Ippudo, resto ramen dengan cita rasa otentik Jepang buka di Surabaya. Direktur Ippudo Indonesia Amanda Sihombing jelaskan soal menu-menu andalan.-Moch Sahirol-Harian Disway-

Untuk menu babi, dia menjelaskan, piringnya berwarna abu-abu tanpa motif. Sedangkan pada ujung atas sumpitnya, ada segitiga kecil-kecil yang saling berhadapan dan berlawan arah. Lalu untuk menu khusus ayam, piringnya memiliki motif persis seperti kulit salak. Sedangkan motif pada ujung atas sumpitnya hanya lurus biasa.

BACA JUGA: Asyiknya Kuliner Bakso Prasmanan di Surabaya Barat dengan Cara Meracik Sendiri

Ketika dicicipi, cita rasa ramen Ippudo memang berbeda dengan resto kebanyakan. Kuah kaldunya kental dan gurih, tekstur minya pas. Tidak keras dan tidak lembek. ’’Kuah kaldunya saja dimasak selama 15 jam, dan minya ini tiap hari dibuat sendiri. Jadi fresh,’’ kata papar Amanda.

Ippudo Ramen sangat mempertahankan otensitasnya sebagai bagian dari brand Ippudo yang berpusat di Fukuoka, Jepang. ’’Karena memang Ippudo Indonesia itu bukan franchise. Kita adalah company direct dari Ippudo Japan. Jadi sampai saat ini kami menjaga rasa makanan agar semirip mungkin dengan Ippudo di Jepang,’’ jelas Amanda.

’’Memang ada menu-menu yang kita cater dan kita kembangkan untuk market Indonesia. Tapi kebanyakan rasanya terutama ramen masih otentik Jepang,’’ tambah dia.

BACA JUGA: Membuat Haemul Pajeon, Pancake Khas Korea yang Lezat

Di Indonesia, menu-menu yang jadi favorit pencinta ramen ada banyak. Baik yang dari opsi pork maupun ayam. Resto itu juga memiliki appetizer berupa Salmon Roll. Yakni nasi yang dibalut dengan daging salmon yang cocok disantap sebelum makan berat.

Sebelum buka di Surabaya, warga Jakarta sudah lebih dulu akrab dengan Ippudo. Delapan cabang resto tersebar di Pacific Place, Mal Central Park, Grand Indonesia, Lippo Mall Puri, dan Lippo Mall Kemang. Serta ada di Taman Senayan, PIK Avenue, dan Summarecon Mall Kelapa Gading 3.

’’Perluasan bisnis ini bertujuan untuk menghadirkan pengalaman menikmati ramen yang luar biasa dan menyenangkan bagi para penyuka ramen di Jawa Timur, khususnya Surabaya,’’ tutur Tomoyuki Yamane, CEO Chikaranomoto Holdings, perusahaan induk Ippudo Indonesia. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: