Dr Elizabeth Magdalena Purba: Berbahayakah Sindroma Mata Kering?

Dr Elizabeth Magdalena Purba:  Berbahayakah Sindroma Mata Kering?

Alda Rizky Nur Afida hanya bisa mengucek matanya yang terasa kering. Ini salah satu tanda bila air mata kita tidak cukup untuk melembabkan permukaan mata.-Boy Slamet-

DALAM istilah medis, Sindroma Mata Kering (SMK) disebut juga dengan Dry Eye Syndrome (DES) atau Keratokonjungtivitis Sicca (KS). Kondisi ini merupakan suatu keadaan permukaan mata yang tidak cukup mendapatkan pelumas dari air mata. 

Air mata terdiri dari air, minyak, dan lendir. Fungsi air mata cukup penting yaitu sebagai pelumas permukaan mata agar membantu menjaga kenyamanan permukaan mata. Selain itu air mata berfungsi melindungi permukaan mata dari lingkungan luar dan infeksi. 

BACA JUGA:Anies Masih Gamang Soal Cawapres, AHY Ingatkan Waktu Sangat Berharga

BACA JUGA:Emiten Asal Surabaya ini Fokus pada Infrastruktur Pendidikan Bertaraf Internasional

Produksi air mata dipengaruhi suhu lingkungan, kelembaban, paparan angin, sinar ultra violet, alergi, dan iritan. Normalnya, air mata akan menjaga kelembaban mata Anda ketika berkedip. 

Namun pada kasus Sindroma Mata Kering, produksi maupun kualitas air mata mengalami gangguan sehingga permukaan mata tidak terlumasi dengan baik. Penyakit mata ini cukup sering ditemui, namun jangan khawatir Anda dapat menjaga Kesehatan mata agar terhindar dari Sindroma Mata Kering ini.


Stella Ivanka merasakan matanya pedih setelah beberapa jam menatap layar laptop.-Boy Slamet- 

Di Indonesia, angka kejadian Sindroma Mata Kering secara umum cukup tinggi. Yaitu sekitar 27,5%-30,6%. Pasien usia lanjut memiliki angka kejadian 5-30% lebih tinggi khususnya pada wanita. 

Menurut National Women’s Health Resource Center, penderita dengan derajat sedang sampai dengan berat didominasi oleh wanita pasca menopause. Menurut beberapa penelitian, hal ini terjadi karena perubahan hormon yang terjadi pasca menopause dan memengaruhi produksi air mata. 

BACA JUGA:Tiongkok Salip Jepang Jadi Eksportir Mobil Terbesar di Dunia

BACA JUGA:MSIE Resmi Melantai Pasar Modal, Emiten Pertama yang Fokus pada Infrastruktur Pendidikan

Apa gejala Sindroma Mata Kering ?

Gejala Sindroma Mata Kering sangat bervariasi antarindividu. Dari gejala yang ringan, sedang, sampai dengan berat. Beberapa tanda yang sering dikeluhkan seperti : 

1. Permukaan mata memerah  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: