Cheng Yu Pilihan Atlet Taekwondo Alfian Dzulfikar: Yong Bu Yan Qi

Cheng Yu Pilihan Atlet Taekwondo Alfian Dzulfikar: Yong Bu Yan Qi

Cheng Yu Alfian Dzulfikar.--

BERUSAHA mati-matian memang tidak akan menjamin kita meraih kesuksesan. Tapi, kalau berleha-leha saja, kesuksesan agaknya akan makin menjauh dari kita. Seperti diingatkan cheng yu atau pepatah Tiongkok, "成人不自在, 自在不成人" (chéng rén bù zì zài, zì zài bù chéng rén). Yang artinya: kalau ingin menjadi orang yang sukses, maka tidak boleh bersantai-santai; orang yang bersantai-santai tidak akan menjadi orang yang sukses.

Memang, jalan menuju kesuksesan tidak akan mulus-mulus belaka. Mungkin tak sedikit dari kita yang mengira setelah wisuda sarjana akan gampang mendapat kerja, lalu menjadi kaya raya dan hidup bahagia dengan istri dan anak tercinta. Namun kenyataannya: ekspektasi melenceng kelewat jauh dari realita.

Tak apa. Asalkan kita tak mau bertekuk lutut pada keadaan. Dan, yang tak kalah penting, "Jangan pernah mengeluh jika tujuan kita belum kesampaian," kata Alfian Dzulfikar

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Rektor Universitas Ma Chung Stefanus Yufra M. Taneo: Yin Shui Si Yuan

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Business Analyst Narendra Rahardja Surjaudaja: Bu Shi Shi Ji

Alfian adalah taekwondoin nasional. Ia sempat mewakili Jawa Timur dalam perhelatan PON Papua 2021 dan meraih medali perak. 

Meski belum berhasil mengantongi medali emas, Alfian tetap puas. Ini menjadi pelecut baginya untuk semakin giat berlatih ke depannya. 

"Saya mau menantang rasa takut. Bagaimanapun keadaannya, jangan sampai kita dibatasi oleh rasa takut," ujar Alfian. Ia barangkali terinspirasi oleh peribahasa Mandarin "永不言弃" (yǒng bù yán qì): pantang menyerah sampai kapanpun. 

Kini, selain terus latihan taekwondo, Alfian disibukkan dengan kegiatan belajar bahasa mandarin di Surabaya International Institute of Business and Technology (SIIBT). Di waktu senggangnya, ia juga main futsal dan sepak bola yang jadi hobinya sejak lama. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: