Siberian Husky, Si Anjing Ramah, Bisa jadi Peliharaan yang Asyik

Siberian Husky, Si Anjing Ramah, Bisa jadi Peliharaan yang Asyik

Freddo, anjing Siberian Husky peliharaan Ratih Sumarsono. Anjing jinak yang ramah dengan siapa saja.-Ratih Sumarsono-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Ras Siberian Husky dikenal sebagai family dog. Karakternya lincah dan gemar bermain. Seperti Freddo, anjing husky peliharaan Ratih Sumarsono.

Bulu hitam samar di kepala hingga punggung juga mengitari beberapa bagian tubuhnya. Warnanya cukup artistik. Ditambah kepribadiannya yang ramah.

Jika melihat ukurannya yang lumayan besar, mata tajam dan ekspresi garang, sekilas orang menyangka bahwa Freddo adalah anjing galak.

BACA JUGA:Pawjoeang 2023 : Ajang Jalan-jalan dan Lomba untuk Pecinta Anjing

BACA JUGA:Hiks, RM Ditinggal Monie si Anjing Kesayangan, ARMY Kompak Buatkan Lukisan

Namun sesuai peribahasa: don't look the book just from the cover. Maknanya, jangan menilai sesuatu hanya berdasarkan tampilannya saja. Freddo si Husky itu ternyata jauh dari kesan galak. Justru ia ramah.

Ketika melihat orang baru, Freddo langsung menghampiri. Kemudian mengendus-endus. Sama sekali tak menggonggong atau menunjukkan ekspresi geram.

Malah, ia mengusap-usap badannya atau menggapai-gapai tangan orang tersebut dengan kakinya.

"Dia ngajak main, tuh," ujar Ratih Sumarsono, pemeliharanya.


Ratih Sumarsono dan anjing Siberian Husky peliharaannya. Nama anjing itu Freddo.-Ratih Sumarsono-

Benar-benar jauh dari kesan galak. Sesuai dengan artikel-artikel Google tentang hewan tersebut. Bahwa karakternya energik. Suka berlarian dan tak bisa menahan diri untuk mengejar hewan-hewan yang lebih kecil.

Selain itu, Siberian Husky sangat ramah dengan orang baru. Jadi, karakter hewan tersebut kurang cocok jika dijadikan anjing pengawas atau penjaga rumah.Karena ia dapat dekat dengan siapa saja. Seperti Si Freddo.

Ketika Ratih bertemu dengan tamunya pun, Freddo tak henti-hentinya caper atau cari perhatian. Tiba-tiba ia berlari ke arah tempat duduk, kemudian keluar, lalu kembali lagi ke dalam dengan berlari pula. Hingga sembunyi di bawah kolong meja ruang tamu.

BACA JUGA:Ih Gemas, V BTS Tampilkan Yeontan si Anjing Kesayangan di Kover Album Solo Perdana

BACA JUGA:Gara-gara Anjing, Fabinho Terancam Batal Merumput di Arab Saudi

"Arek iki caper, playon ae! Ayo Freddo, diam di kamar!," perintah Ratih pada anjingnya. Ia menegur Freddo yang suka berlari.

Anjing tersebut hanya melirik sejenak. Kemudian melangkah perlahan dan bersantai di bawah kolong meja. Tak menurut perintah Ratih yang menyuruhnya berdiam di kamar.

"Ini emaknya yang nyuruh kok enggak nurut?" ujar Ratih berpura-pura geram. Kemudian badan Freddo sedikit digoyang agar ia mau keluar. Lagi-lagi, Freddo tiba-tiba berlari masuk ke dalam kamar dan duduk tepat di depan pintu. "Ya begitu itu jenis Siberian Husky. Ndablek. Bandel," tambahnya.

Ratih memelihara Freddo sejak usia 4,5 bulan. Untuk memelihara anjing ras Siberian Husky cukup mudah. Hewan itu cerdas dan tergolong family dog. Cocok dijadikan peliharaan keluarga.

Bahkan, Freddo si Husky suka bermain-main dengan anak kecil. "Freddo itu kalau sama anak kecil senang. Bahkan jika baca di artikel, anjing Siberian Husky mampu menjadi penjaga bayi," ungkap perempuan 64 tahun itu.

Bagaimana, tertarik memelihara Husky? (Guruh Dimas Nugraha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: