Latihan Terakhir Jelang Kejuaraan Dunia 2023, Tunggal Putri Asah Teknik, Tunggal Putra Jajal Lapangan

Latihan Terakhir Jelang Kejuaraan Dunia 2023, Tunggal Putri Asah Teknik, Tunggal Putra Jajal Lapangan

LATIHAN terakhir jelang Kejuaraan Dunia 2023, tunggal putri Indonesia asah teknik, tunggal putra jajal lapangan. Termasuk Jonatan Christie. -PP PBSI-

HARIAN DISWAYKejuaraan Dunia 2023 dimulai besok, Senin, 21 Agustus 2023. Event tahunan itu dihelat di Royal Arena, Kopenhagen, hingga 27 Agustus mendatang.

Setelah menuntaskan sesi latihan pagi di kompleks Stadion Brondby, Minggu, 20 Agustus 2023, pasukan Indonesia menyatakan optimistis. Itu adalah persiapan terakhir sebelum pertandingan perdana besok.  

Beberapa pemain bakal langsung bertanding. Sedangkan beberapa pasangan ganda putra dan putri langsung lolos ke babak kedua.

Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky mengatakan, semua pemain dalam kondisi prima. Mereka juga sudah sempat menjajal berlatih di tempat latihan dan pertandingan.

BACA JUGA: Ganda Putra Korea Selalu Juara Saat Kejuaraan Dunia Digelar di Denmark, Bagaimana Peluang Indonesia?

’’Puji Tuhan, kondisi pemain semua baik dan sehat. Mereka telah mempersiapkan diri dengan baik,’’ kata Rionny kepada tim Humas dan Media PP PBSI yang dikutip Harian Disway.

’’Selama latihan tiga kali, saya melihat pemain begitu fokus. Mereka sepertinya tidak sabar untuk segera turun bertanding,’’ lanjut Rionny usai berlatih di practice hall.


LATIHAN terakhir jelang Kejuaraan Dunia 2023, tunggal putri Indonesia asah teknik, tunggal putra jajal lapangan. Termasuk Ribka Sugiarto (kiri) dan Lanny Tria Mayasari.-PP PBSI-

Dalam latihan terakhir itu, setiap sektor memiliki fokus sendiri-sendiri. Tunggal putri, misalnya, fokus berlatih teknik. Putri Kusuma Wardani sparring dengan Gregoria Mariska Tunjung. Rionny dan kepala pelatih tunggal putri Indra Widjaja sendiri yang menggembleng mereka.

Di babak pertama besok, Putri KW akan menghadapi wakil Ukraina Polina Buhrova. Sedangkan Gregoria langsung lolos ke babak kedua karena mendapatkan bye.

BACA JUGA: Tampil Sebagai Unggulan, Gregoria Mariska Tunjung Mengaku Ingin Menikmati Pertandingan

’’Saya siap bertanding lawan Polina Buhrova. Saya mau menikmati pertandingan, tidak mau terbebani, dan selalu semangat saja,’’ tutur Putri KW.

Di tunggal putra, para pelatih menggembleng stamina Jonatan Christie dan Chico Aura Dwi Wardoyo. Keduanya sudah menjajal di main hall di Royal Arena, Sabtu sore waktu setempat (19/8).

Kepala pelatih tunggal putra Irwansyah sparring satu lawan dua. Ia gantian berpasangan bersama Jojo lawan Chico dan sebaliknya.

BACA JUGA: Debut di Kejuaraan Dunia BWF 2023, Apriyani/Fadia Diharapkan Lebih Rileks

’’Kapan turun main, saya tentu siap tempur. Saya sudah tiga kali berlatih selama di Kopenhagen ini. Persiapan saya untuk tampil di pertandingan pertama juga oke,’’ ungkap Jojo, yang di babak pertama akan bersua Lee Zii Jia (Malaysia).

Hal senada disampaikan Chico. Di babak pertama besok, ia akan bertemu Nathan Tang asal Australia. ’’Persiapan sudah oke dan tidak ada kendala,’’ kata Chico.

’’Kemarin juga sudah menjajal arena pertandingan dan bisa mengetahui bagaimana arah angin dan laju shuttlecock. Tinggal mempersiapkan kondisi serta bagaimana cara main di lapangan saja,’’ yakin pemain 25 tahun itu.

BACA JUGA: BREAKING NEWS: Anthony Sinisuka Ginting Mundur dari Kejuaraan Dunia 2023

Sedangkan di ganda campuran, tiga pasangan juga menggunakan hari terakhir latihan untuk sparring. Mereka secara bergantian berlatih dua lawan tiga. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari melawan Dejan Ferdinansyah, Gloria Emmanuelle Widjaja, dan Rehan Naufal Kusharjanto.

Di babak pertama, Dejan/Gloria bersua Yuki Kaneko/Misaki Matsutomo asal Jepang. Rekor pertemuan mereka imbang 1-1. Sehingga apa pun bisa terjadi di lapangan.

’’Persiapan kami sejak dari Jakarta hingga di sini sudah oke. Selama berlatih di Kopenhagen juga lancar dan tidak ada kendala,’’ jelas Dejan.

’’Tinggal nanti malam saya bakal diskusi sama Gloria dan pelatih untuk menyusun strategi bagaimana untuk menghadapi lawan,’’ lanjut pemain asal PB Djarum tersebut.

BACA JUGA: Dapat Hasil Bagus di Undian Kejuaraan Dunia Badminton 2023, PBSI: Jangan Lengah

Di ganda putri, Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari juga menyatakan siap tempur. Mereka akan melawan wakil Jerman, Stine Kuespert/Emma Moszczynski.

’’Persiapan kami sudah enak. Kemarin sudah mencoba lapangan di main hall. Memang lapangan ada yang menang dan kalah angin. Jadi kami harus cepat adaptasi. Kami saat masuk lapangan, juga harus langsung in,’’ papar Ribka.

’’Karena ini pertama kali kami bertemu, kami harus siap saja. Kami harus bisa main pintar. Sebisa mungkin bermain dengan pola no lob,’’ imbuh Ribka.

Royal Arena memang baru kali pertama digunakan untuk kejuaraan dunia bulu tangkis. Arena multifungsi itu baru beroperasi pada 2017. Lokasinya agak di luar kota. Dari pusat Kopenhagen, pemain harus menempuh perjalanan sekitar 20 menit untuk mencapainya.

Bintang ganda putra Hendra Setiawan memuji lapangan tersebut. Stadionnya besar. Lampunya bagus.

’’Cuma memang ada sedikit hembusan angina. Terutama lapangan yang pinggir-pinggir, tempat kami latihan kemarin,’’ ucap Hendra Setiawan. Namun, ia dan pasangannya, Mohammad Ahsan, sepakat tidak menganggapnya sebagai masalah besar. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pp pbsi