Fakultas Kedokteran Unair Gelar Medic Air Run untuk Peringati HUT Ke-78 RI

Fakultas Kedokteran Unair Gelar Medic Air Run untuk Peringati HUT Ke-78 RI

WALI KOTA Surabaya Eri Cahyadi bersama para pemenang Medic Air Run Fakultas Kedokteran Unair. -Humas Unair-

Selain itu, menjalankan perilaku hidup sehat merupakan cara agar kita semua mampu terhindar dari berbagai penyakit kronis, baik penyakit menular maupun penyakit tidak menular.

 

Kepedulian terhadap Nasib UMKM

Salah satu kekhasan acara Medic Air Run yang diselenggarakan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga adalah melibatkan sejumlah UMKM untuk meramaikan suasana. 

Artinya, ini bukan sekadar acara lomba lari. Tetapi, sekaligus memperkenalkan produk-produk UMKM dari Surabaya untuk menarik minat para peserta lomba dan keluarga yang hadir di acara peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 2023. 

Di acara Medic Air Run yang digelar di halaman Fakultas Kedokteran Unair, paling tidak dilibatkan 25 pelaku UMKM. Perinciannya, 10 UMKM binaan Bank Jatim dan 15 UMKM dari umum. 

Disediakan ruang bagi semua pelaku UMKM untuk menggelar berbagai produk yang mereka hasilkan.

Di tengah gempuran masuknya berbagai produk impor dan produk-produk kapitalisme besar, memberikan kesempatan kepada para pelaku UMKM untuk menawarkan produk mereka adalah concern Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dalam menjalankan pemberdayaan sektor ekonomi kerakyatan.

Sudah barang tentu tidak banyak hasil yang bisa diharapkan dengan hanya mengajak 25 pelaku UMKM terlibat dalam acara Medic Air Run di Fakultas Kedokteran Unair. 

Tetapi, dengan merangkul UMKM dalam event-event penting yang diselenggarakan kampus, tujuan sebetulnya adalah ajakan simbolis dan bentuk kepedulian insan perguruan tinggi terhadap nasib para pelaku ekonomi berskala mikro, kecil, dan menengah.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi telah memberikan apresiasi atas penyelenggaraan acara Medic Air Run yang digelar Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. 

Wali kota berharap agar acara seperti itu dapat digelar rutin setiap tahun dan masuk menjadi agenda peringatan hari ulang tahun Kota Surabaya bulan Mei tahun depan dan tahun-tahun berikutnya. 

Olahraga, kesehatan, dan kepedulian terhadap nasib rakyat kecil adalah kombinasi dari concern Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. (*)

 


Budi Santoso, dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: