Bentrok Terlalu Dini, Ini Dia Rekor Head-to-Head Jonatan Christie vs Lee Zi Jia

Bentrok Terlalu Dini, Ini Dia Rekor Head-to-Head Jonatan Christie vs Lee Zi Jia

BENTROK terlalu dini, ini dia rekor head-to-head Jonatan Christie vs Lee Zi Jia.-PP PBSI-

HARIAN DISWAYJonatan Christie sudah bertemu lawan berat di babak pertama Kejuaraan Dunia 2023. Dalam event yang digeber di Royal Arena, Kopenhagen, Denmark itu, ia langsung berjumpa Lee Zi Jia.

Lee Zi Jia adalah superstar Malaysia. Sejak akhir tahun lalu sampai awal 2023, ia menempati peringkat 2 dunia. Prestasinya juga lumayan. Pemain 23 tahun itu back-to-back menembus semifinal All England dan Swiss Open 2023.

Maka, pertemuan Jonatan—yang menempati peringkat lima dunia—dengan Lee Ji Zia dianggap terlalu dini. Level mereka bisa dibilang nyaris setara.

BACA JUGA: Latihan Terakhir Jelang Kejuaraan Dunia 2023, Tunggal Putri Asah Teknik, Tunggal Putra Jajal Lapangan

Buktinya, rekor head-to-head mereka tidak terlalu jauh berbeda. Dari tujuh pertemuan, Jonatan hanya unggul tipis 4-3. Bahkan, tiga kemenangan Lee Zi Jia diraih dalam tiga laga terakhir mereka.


BENTROK terlalu dini, ini dia rekor head-to-head Jonatan Christie vs Lee Zi Jia.-PP PBSI-

Semua itu terjadi pada 2022. Tepatnya pada Denmark Open (Oktober), Kejuaraan Asia (Mei), dan All England (Maret).

Memang, Lee Zi Jia bukanlah Lee Zi Jia yang dulu. Yang berkali-kali mengalahkan Viktor Axelsen. Bahkan pada Sudirman Cup 2023, ketika Axelsen sudah sangat sulit dikalahkan oleh pemain mana pun.

BACA JUGA: Ganda Putra Korea Selalu Juara Saat Kejuaraan Dunia Digelar di Denmark, Bagaimana Peluang Indonesia?

Lee Zi Jia sempat mengalami penurunan motivasi. Itu terjadi tepat setelah Swiss Open. Selepas turnamen itu, Lee Zi Jia mencatat hasil buruk di berbagai turnamen. Yakni Kejuaraan Asia, Malaysia Masters, Singapore Open, Indonesia Open, Korea Open, dan Japan Open.

Alhasil, peringkatnya merosot ke posisi 13.


BENTROK terlalu dini, ini dia rekor head-to-head Jonatan Christie vs Lee Zi Jia.--BWF Official

Lee Zi Jia mengakui, sederet hasil buruk itu terjadi karena ia tak mampu menahan tekanan yang sangat besar. Setelah mencapai peringkat 2 tahun lalu, federasi badminton Malaysia maupun masyarakat mulai berharap ia mampu menyamai level legenda Malaysia Lee Chong Wei. 

BACA JUGA: Tampil Sebagai Unggulan, Gregoria Mariska Tunjung Mengaku Ingin Menikmati Pertandingan

Saking frustrasinya, Lee Zi Jia mundur dari timnas Malaysia. Dan memilih menjadi pemain profesional. Ia bahkan sempat break dari bulu tangkis pada Mei lalu.

’’Tekanannya terlalu besar di lapangan. Aku tidak bisa berkonsentrasi 100 persen,’’ ungkap Lee Zi Jia kepada situs resmi BWF.

’’Enggak apa-apa. Istirahat sejenak akan bagus efeknya buatku. Prioritasku sekarang adalah menemukan kembali passion di lapangan,’’ tuturnya.

Di sisi lain, penampilan Jonatan Christie juga belum konsisten. Ia memang sempat menembus final Japan Open pada akhir Juli lalu. Namun, di Australian Open, ia kembali kandas di babak kedua.

BACA JUGA: Debut di Kejuaraan Dunia BWF 2023, Apriyani/Fadia Diharapkan Lebih Rileks

Jonatan mengaku siap tampil lebih baik di Kejuaraan Dunia. Ia merasa menjadi andalan tunggal putra Indonesia. Setelah Anthony Sinisuka Ginting absen.

Setelah sesi latihan terakhir Minggu siang, pemain 25 tahun itu merasa sangat siap menghadapi Lee Ji Zia. Pertandingan antara Jonatan Christie melawan Lee Ji Zia akan berlangsung di Court 2 Royal Arena. Sekitar pukul 16.00 WIB. (*)

Jadwal Pertandingan Tim Indonesia
Babak 1

Ganda Putri
Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto vs
Stine Kuespert/Emma Moszczynski (Jerman)

Ganda Campuran
Yuki Kaneko/Misaki Matsutomo (Jepang) vs
Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja

Tunggal Putra
Lee Zii Jia (Malaysia) vs
5-Jonatan Christie

Nathan Tang (Selandia Baru) vs
Chico Aura Dwi Wardoyo

Tunggal Putri
Polina Buhrova (Ukraina) vs
Putri Kusuma Wardani

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: