Puluhan Alutsista Canggih Militer Australia Siap Ikut Latihan Super Garuda Shield 2023

Puluhan Alutsista Canggih Militer Australia Siap Ikut Latihan Super Garuda Shield 2023

Kapal Perang USAV SSGT Robert T. Kuroda (LSV-7) yang mengangkut sejumlah alutsita milik tentara Australia.-Puspen TNI-

SURABAYA, HARIAN DISWAY- Puluhan kendaraan taktis milik Militer Australia, tiba di Dermaga Jamrud Utara, Tanjung Perak, Surabaya, Kamis kemarin, 24 Agustus 2023.

Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) tersebut didatangkan untuk berpartisipasi dalam perhelatan akbar latihan militer multinasional, Super Garuda Shield (SGS) 2023.

Militer Australia mengerahkan berbagai persenjataan yang dimilikinya. Kendaraan taktis dan kendaraan tempur turut diboyong untuk latihan tersebut.

BACA JUGA:Misi Empat Kemenangan Beruntun Persebaya di Kandang PSS Sleman

BACA JUGA:Tradisi Liburan Keluarga Kerajaan Inggris di Kastil Balmoral untuk Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis

Setidaknya ada 12 unit kendaraan tempur dan taktis. Seperti M1A1 Abrams tanks, M113AS4 Armored Personnel Carrier (APC), serta beberapa kendaraan pengangkut logistik dan medis.


Sejumlah personel TNI berjaga saat kendaraan perang tentara Asutralia diturunkan.-Puspen TNI-

Seluruh Alutsista tersebut diangkut menggunakan Kapal Perang USAV SSGT Robert T. Kuroda (LSV-7). Dan Kapal Perang angkut logistik milik Amerika Serikat, yang panjangnya mencapai 83 meter.

“Setelah diturunkan dari kapal, seluruh Alutsista ini kemudian melaksanakan konvoi. Berkerak menuju daerah latihan di Asembagus, Situbondo Jawa Timur, dengan pengawalan ketat dari Pomdam V Brawijaya,” tulis Kabid Peninter Puspen TNI, Kolonel Arm Suhendro Oktosatrio, dalam rilis tertulis yang diterima Harian Disway, Jumat, 25 Agustus 2023. 

Sebelumnya juga Militer Australia telah mengirimkan puluhan prajurit terbaiknya untuk begabung dalam latihan. Para prajurit tersebut tiba menggunakan pesawat Angkatan Udara Australia. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: