Sejarah Ditorehkan: Wahana Antariksa India Sukses Mendarat di Permukaan Bulan

Sejarah Ditorehkan: Wahana Antariksa India Sukses Mendarat di Permukaan Bulan

KEGEMBIRAAN NARENDRA MODI dalam tayangan yang ditonton langsung oleh warga di Nehru Science Centre, Mumbai, 23 Agustus 2023.-PUNIT PARANJPE-AFP -

NEW DELHI, HARIAN DISWAY– Momentum kegembiraan melanda seluruh penduduk India saat mereka merayakan kemenangan gemilang. Pada Rabu malam, tepatnya 23 Agustus 2023, wahana antariksa India berhasil sukses mendarat dengan lancar di permukaan Bulan.

Misi antariksa India yang diberi nama Chandrayaan-3 telah berhasil mewujudkan rencananya untuk mendarat di pada pukul 19.15 WIB. Prediksi waktu tersebut ternyata cukup akurat. Indian Space Research Organization (ISRO), badan antariksa India, secara resmi mengumumkan pencapaian gemilang tersebut pada pukul 19.34 WIB.

Melalui akun resmi milik ISRO, misi Chandrayaan-3 telah berhasil dengan sukses mendaratkan lander, wahana pendarat, bernama Vikram di dekat kutub selatan bulan. ISRO memberikan ucapan selamat kepada bangsa India atas prestasi yang luar biasa ini.

BACA JUGA:Mengenal Misi Chandrayaan-3 yang Sukses Mendarat di Kutub Selatan Bulan

BACA JUGA:Awas! Daerah-Daerah di Jateng-Jatim ini Alami Bahaya Kekeringan

"Kami memasuki era emas yang baru," ujar S. Somanath, kepala ISRO.

Perdana Menteri India, Narendra Modi, secara virtual menyaksikan momen bersejarah tersebut saat dirinya berada di Afrika Selatan untuk KTT BRICS.


SORAK-SORAI warga New Delhi yang membawa replika kertas Chandrayaan-3 di jalanan ketika pesawat kebanggaan India itu mendarat di bulan, 23 Agustus 2023.-ARUN SANKAR-AFP -

Dengan penuh semangat, ia berkomentar dalam siaran langsung, "Momen ini tak akan pernah terlupakan. Fenomenal! Suara kemenangan India yang baru saja tercipta." 

Narendra Modi menyaksikan pendaratan sambil memegang bendera kecil India di hadapannya. "Kita telah mencapai puncak yang tidak dapat dicapai oleh negara lain. Ini adalah sebuah peristiwa menggembirakan."

Pendaratan epik itu tayang langsung melalui saluran resmi YouTube milik ISRO. Video rekaman siaran langsung tersebut dilihat lebih dari 70 juta kali.

BACA JUGA: Lahan Ditarik Wali Kota Malang, Mantan Anggota DPRD Mengadu ke Polda Jatim

BACA JUGA:Sambut Peserta Latgab Super Garuda Shield, TNI Kendalikan Arus Logistik dan Alutsista

"Tak ada yang bisa meragukan hasil kerja keras dan kesuksesan ISRO," kata salah seorang warganet yang menyaksikan pendaratan tersebut secara langsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: