Sejarah Ditorehkan: Wahana Antariksa India Sukses Mendarat di Permukaan Bulan

Sejarah Ditorehkan: Wahana Antariksa India Sukses Mendarat di Permukaan Bulan

KEGEMBIRAAN NARENDRA MODI dalam tayangan yang ditonton langsung oleh warga di Nehru Science Centre, Mumbai, 23 Agustus 2023.-PUNIT PARANJPE-AFP -

Prestasi paling membanggakan dari pendaratan itu adalah menjadikan India sebagai negara pertama yang berhasil mencapai kawasan kutub selatan bulan. Persis yang diucapkan Narendra Modi.

Keberhasilan itu juga membuat India bergabung dengan Uni Soviet, Amerika Serikat, dan Tiongkok sebagai negara keempat yang sukses mendaratkan wahana antariksa dengan mulus di permukaan Bulan.

Dengan prestasi luar biasa misi Chandrayaan-3, India kini telah meraih tempat dalam sejarah penjelajahan luar angkasa dengan mencatat dua capaian luar tersebut ini.

Prestasi India itu datang hanya beberapa hari setelah wahana antariksa Luna-25 milik Rusia terempas ke permukaan bulan pada 19 Agustus 2023. Kegagalan tersebut adalah yang pertama bagi Rusia 47 tahun terakhir upayanya mendarat di bulan. Di lain pihak, keberhasilan India semakin menegaskan dominasinya dalam eksplorasi antariksa. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: