Sensasi 1.000 Laga Klopp

Sensasi 1.000 Laga Klopp

Sekalipun tampil dengan sepuluh pemain, Liverpool justru berhasil menumbangkan tuan rumah Newcastle United di Stadion St James Park di Inggris Timur Laut. Kemenangan itu disebut-sebut Manajer Liverpool Jurgen Klopp sebagai sensasi seribu laga. Kartu merah-STU FORSTER/GETTY IMAGES-

Eddie mengatakan sudah punya firasat buruk ketika Darwin Nunez masuk. Entah kenapa, ia tiba-tiba menendang udara kosong ketika melihat pemaim Uruguay itu masuk. Eddie tahu, Nunez punya kecepatan dan berani berduel dengan semua beknya. Ternyata, firasat pun sang pelatih benar. Newcastle harus menyerah 1-2 dari tamu jauhnya di Inggris Barat Daya.

BACA JUGA:Amrabat Rela Dikucilkan Fiorentina Demi MU, Padahal Setan Merah Kurang Duit

Pertama, tim dengan 11 orang yang tampak seperti memiliki 10 dan menelan kekalahan pahit dari rahang kemenangan. Bagi Newcastle, kontes yang memanas itu berujung pada hilangnya peluang –baik secara harfiah maupun metaforis.

Kedua, tanpa kemenangan melawan Liverpool dalam delapan tahun dan memimpin 1-0 melawan sepuluh pemain di awal babak kedua, Miguel Almiron membuat tim hitam-putih di Gallowgate End merunduk untuk berlindung ketika tembakannya melewati mistar gawang dari jarak dekat.

Sekitar 40 menit kemudian, dan para penggemar yang sama bersembunyi di balik ujung jari yang sama ketika Darwin Nunez menyelesaikan comeback menakjubkan dengan dua gol dari bangku cadangan. Saat ini massa dalam negeri lebih berwarna hitam dan biru.

Begitu juga dengan para pemenang. Liverpool boleh saja berkurang jumlahnya ketika Virgil van Dijk dikeluarkan dari lapangan pada babak pertama. Namun, semangat mereka berlipat ganda.

Rasanya seperti 11 lawan 10 di tahap akhir, dan masuknya Nunez oleh Jurgen Klopp –serta Harvey Elliot dan Diogo Jota– yang memberikan ilusi bahwa mereka memiliki pemain tambahan.


DARWIN NUNEZ tampil eksplosif. Dua golnya membawa Liverpool menundukkan tuan rumah Newcastle United di Stadion St James Park. Nunez terakhir mencetak gol pada 13 Maret. Klopp senang dengan rasa lapar Darwin Nunez. Dengan demikian, ia punya alternatif di p--

Eddie Howe, sementara itu, telah menggantikan pencetak gol dan pemain terbaik Anthony Gordon dan timnya segera kehilangan bentuk dan tujuan. Ia kalah untuk kali kelima saat melawan The Reds sebagai manajer Newcastle.

Howe mengakui, setelahnya ada beberapa hal yang akan ia lakukan secara berbeda –dan meninggalkan Gordon, melawan Trent Alexander-Arnold yang mendapat kartu kuning dan ketakutan, akan menjadi yang teratas dalam daftar penyesalannya.

Bagi Klopp, tidak ada kesedihan seperti itu, dan menyatakannya sebagai salah satu pertandingan paling istimewa dari 1.000 pertandingannya sebagai pelatih. Nunez hanya mencetak satu gol sejak kemenangan 7-0 atas Manchester United pada bulan Maret. Namun, baik manajer maupun pemain lebih menikmatinya daripada penghancuran itu.

Klopp memukul dadanya penuh waktu. Dan, ia bisa melakukannya dengan baik lantaran timnya telah melakukan pukulan telak di wajah mereka sendiri pada babak pertama. Lebih lanjut mengenai bencana tersebut akan segera terjadi.

Namun, Nunez adalah alasan utama mengapa apa yang tadinya mengancam akan menjadi ledakan akhirnya mencapai klimaks dengan ledakan yang menggembirakan. Bangku cadangan tandang kosong ketika ia mencetak gol kemenangannya pada menit ke-93, dan mereka yang sudah berada di lapangan sudah mengosongkan tangki mereka untuk mengejar kemenangan.

BACA JUGA:Manchester City Bukan Lagi Tetangga Berisik Bagi MU, Sir Alex Ferguson Kirim Pesan ke Guardiola

Dua kali pemain Uruguay itu menerobos pertahanan yang terbuka dan menghukum tuan rumah, yang bermain dengan rasa puas diri mengingat keunggulan jumlah mereka. Bayangkan saja, penonton tuan rumah mengeluhkan sinyal tersebut hanya untuk lima menit tambahan, percaya bahwa tim mereka masih memiliki kekuatan untuk pulih dari gol penyeimbang Nunez pada menit ke-81 dan memenangkan pertandingan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: