RM BTS Dituduh Islamofobia Gara-Gara Unggah Lagu Bad Religion: Jangan Berasumsi!

RM BTS Dituduh Islamofobia Gara-Gara Unggah Lagu Bad Religion: Jangan Berasumsi!

RM BTS dituduh islamofobia gara-gara unggah lagu Bad Religion: jangan berasumsi.-Bighit Music-

HARIAN DISWAY – Kejadian awalnya biasa saja. RM BTS membagikan lagu yang sedang ia dengarkan di Spotify. Judulnya Bad Religion, milik Frank Ocean.

Lagu dari album debut Frank Ocean, Channel Orange, itu unggah ke Instagram Story pada 16 Agustus 2023 lalu. Dalam 24 jam, story itu kadaluwarsa. Selesai.

Namun, unggahan itu rupanya terlanjur viral. Kim Namjoon (nama asli RM BTS) dianggap membenci Islam. Karena membagikan lagu Bad Religion. Lirik lagu itu—oleh beberapa pihak—dianggap menjelek-jelekkan agama Islam.

BACA JUGA: Setelah Running Man, V BTS Tampil di You Quiz on the Block, Ini Jadwal Tayangnya!

Publik pun murka. Bahkan, di antara mereka, tak sedikit yang merupakan ARMY—fans BTS. Mereka mengungkapkan kekecewaan kepadanya dengan membakar photo card leader BTS tersebut.


RM BTS dituduh islamofobia gara-gara unggah lagu Bad Religion: jangan berasumsi.-Instagram RM BTS-

’’RM BTS membagikan lagu bertema Islamofobia di Instagram Story! Menurutku dan semua muslim di dunia, ini memalukan, karena ia duta UNICEF yang seharusnya memerangi rasisme! Apa yang terjadi sekarang, ia menghina Islam secara terang-terangan?’’ begitu salah satu cuitan kecewa di Twitter.

Di bawah cuitan itu, ratusan akun menulisakan komentar yang sama. ’’Namjoon, minta maaf kepada orang muslim!’’ Kalimat itu sempat trending pada 16 Agustus 2023.

BACA JUGA: ARMY Catat Tanggalnya, V BTS Bakal Jadi Bintang Tamu di Running Man: Ini Mimpi yang Jadi Nyata

Setelah dua pekan diam, RM akhirnya memberikan klarifikasi lewat siaran langsung di WeVerse, 30 Agustus 2023. Di situ, ia menegaskan tidak pernah bermaksud menyinggung agama apa pun. Atau menebarkan kebencian kepada siapa pun. Terutama Islam.


RM BTS dituduh islamofobia gara-gara unggah lagu Bad Religion: jangan berasumsi.-Weverse BTS-

’’Kalian terus-menerus menuduhku menghina agama, padahal enggak. Tujuanku bukanlah menghina agama. Agama apa pun itu. Aku menghormati semua agama dan kepercayaan,’’ tutur RM dalam live broadcast itu.

Rapper 28 tahun itu juga menyadari betul kontroversi yang mengemuka di Instagram akibat unggahannya.

BACA JUGA: Hiks, RM Ditinggal Monie si Anjing Kesayangan, ARMY Kompak Buatkan Lukisan

’’Aku tahu, kok. Aku bisa melihatnya. Tapi, aku sama sekali tidak ada intensi untuk menyerang agama apa pun,’’ katanya dalam bahasa Inggris yang lancar.

Lebih jauh, ia menegaskan tidak akan meminta maaf. Bukan karena keras kepala atau apa pun. Tapi ia tidak merasa apa yang dilakukannya salah.


RM BTS dituduh islamofobia gara-gara unggah lagu Bad Religion: jangan berasumsi.-Getty Images via AFP-AFP

’’Itu lagu, lho. Aku enggak akan meminta maaf. Umurku hampir 30, dan aku punya hak untuk menyatakan kebenaranku. Kata-kata adalah kata-kata. Nggak usah berasumsi,’’ tegasnya.  

BACA JUGA: Bikin Kaget, Album J-Hope BTS Jack in The Box Kembali Masuk Posisi 10 Besar Billboard 200, Ini Pemicunya

RM bilang, sebagai leader sebuah idol group terbesar di dunia, ia terbiasa hidup dalam batasan-batasan. Ia tahu apa yang boleh dan tidak perlu dilakukan.

Namun, meski ia mengatakan yang sebenarnya pun, ia tak bisa meyakinkan semua orang. Akan tetap ada orang-orang yang menganggapnya berbohong. Yang meyakini bahwa ia menghina Islam.

’’Aku tuh enggak bisa berbohong, Guys. Aku enggak bisa berbohong pada kalian. Aku jujur. Aku baik-baik saja, enggak ada masalah,’’ jelasnya.

BACA JUGA: Laris Manis, Proof Jadi Album ke-11 BTS yang Mendapat Sertifikat Silver di Inggris

’’Aku mendengar masalah ini berseliweran. Kenalan-kenalanku menghubungiku soal ini. Percayalah, aku juga enggak kepingin berbicara banyak soal ini. Tapi aku harus membela diri saat ini. Aku sudah menahannya selama dua pekan. Aku enggak bisa biarkan ini terjadi,’’ paparnya.  

Bad Religion disebut-sebut menghina Islam karena ada frasa yang mengandung kata-kata Allahu akbar (Allah Maha Besar).

Namun, dalam lirik lagu itu, konteksnya negatif. Frank Ocean, si penyanyi, sepertinya diberi ucapan Allahu akbar oleh orang lain. Namun, ia merespons dengan, ’’Jangan kutuk aku.’’  

BACA JUGA: Abaikan Tuduhan Plagiarisme, Jungkook BTS akan Rilis Remix Lagu Seven dengan DJ Alesso

Oleh Frank Ocean, Allahu akbar diartikan sebagai kata-kata kutukan.

Namun, lagu itu sebenarnya sama sekali tidak ada hubungannya dengan agama. Bahkan tidak ada hubungannya dengan Islam. Alih-alih isu agama, Frank Ocean hanya curhat bahwa dirinya sedang patah hati.

Dalam kemarahan dan kekecewaannya, ia merepet tentang cinta yang tak berbalas. Ia bilang, bersama orang yang tidak mencintainya sebesar dia mencintai orang itu sangatlah menyebalkan. Rasanya seperti berada di dalam agama yang buruk.

BACA JUGA: Dispatch Bersabda! Tuduhan Plagiarisme Lagu Seven Milik Jungkook BTS Tidak Valid, Ini Penjelasannya

Apa pun maksud Frank Ocean menulis lirik seperti itu, Bad Religion berefek bad buat popularitas RM BTS.

Sejak kontroversi lagu itu mencuat, ia kehilangan sekitar setengah juta pengikut di Instagram. Dari yang awalnya 45,2 juta kini tinggal 44,7 juta. Wah...

Hm, bagaimana menurut kalian? Haruskah RM meminta maaf? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber