Laris Manis, Proof Jadi Album ke-11 BTS yang Mendapat Sertifikat Silver di Inggris

Laris Manis, Proof Jadi Album ke-11 BTS yang Mendapat Sertifikat Silver di Inggris

LARIS MANIS, album Proof BTS mendapatkan sertifikasi silver di Inggris.-Bighit Music-

HARIAN DISWAY – Album terakhir BTS, Proof, sudah dirilis setahun silam. Namun, album antologi terakhir sebelum BTS vakum itu masih membukukan prestasi.

Pada 25 Agustus 2023, British Phonographic Industry (PBI) mengumumkan bahwa Proof mendapatkan sertifikasi BRIT silver. Menjadikannya sebagai album ke-11 BTS yang mencapai predikat tersebut.


LARIS MANIS, album Proof BTS mendapatkan sertifikasi silver di Inggris. -Brit Awards-

Menurut BPI, sebuah album akan mendapatkan sertifikasi silver jika terjual lebih dari 60 ribu unit. Sedangkan untuk single, ia akan mendapatkan sertifikat silver bila terjual lebih dari 200 ribu unit.

BACA JUGA:Abaikan Tuduhan Plagiarisme, Jungkook BTS akan Rilis Remix Lagu Seven dengan DJ Alesso

PBI tidak merinci, berapa kopi album Proof yang terjual di Inggris. Yang jelas, jika dilihat dari penjualan album, Proof memang tidak setinggi dwilogi Map of the Soul. Mengingat ia adalah album antologi.

Namun, album tersebut tetap berhasil menduduki posisi teratas dalam penjualan di berbagai negara. Bahkan, sempat nangkring di chart US Billboard 200 dan US World Album. Kedua chart tersebut menghitung jumlah streaming serta penjualan album digital maupun fisik.

Ada beberapa alasan kenapa ARMY harus memiliki Proof.

BACA JUGA: Dispatch Bersabda! Tuduhan Plagiarisme Lagu Seven Milik Jungkook BTS Tidak Valid, Ini Penjelasannya

Pertama, jelas, ini adalah album antologi terakhir BTS sebelum RM dkk vakum selama sekitar dua tahun. Mulai Desember 2022, para member mulai masuk wajib militer. Dimulai dari Jin, lalu J-Hope, dan yang akan menyusul adalah Suga.


LARIS MANIS, album Proof BTS mendapatkan sertifikasi silver di Inggris.-Bighit Music-

Kedua, Proof adalah paket lengkap. Ia berisi tiga CD, dipenuhi dengan lagu-lagu hits BTS, sejak debut pada 2013, sampai 2022.

Karena itu, tak mengherankan kalau durasinya panjang banget. Versi digitalnya mencapai 128 menit. Sedangkan versi fisiknya sampai 168 menit! Pasti bikin puas.  

BACA JUGA: Yes, Akhirnya Single V BTS Love Me Again Debut di Billboard Hot 100, Ikuti Sukses Christmas Tree!

Terdapat pula lagu-lagu demo yang tidak pernah dirilis sebelumnya. Serta beberapa tracks spesial untuk ARMY.

Plus, tentu saja, ada beberapa lagu baru yang keren-keren. Salah satunya, yang dijadikan single sekaligus lagu perpisahan: Yet to Come (The Most Beautiful Moment). Ada juga Run BTS yang powerful, serta For Youth. Juga Quotation Mark dan Young Love. Lagi-lagi, bikin puas!

Dalam wawncara dengan Weverse Magazine, para member BTS mengaku bahwa album Proof memiliki arti superpenting bagi mereka. Baik secara karier profesional maupun secara pribadi.  

BACA JUGA: Super Keren! V BTS Jadi Solois Korea Pertama yang Dua Lagunya Debut di Top 10 Billboard Global 200

’’Ketika kali pertama mendengar tentang album ini, aku langsung berpikir, ’Wah, kami benar-benar sudah melakukan banyak hal,’’ tutur Jimin, vokalis BTS. ’’Album ini memberiku waktu untuk refleksi diri juga,’’ jelasnya.

Setelah Proof dirilis pada 10 Juni 2022, para member mengumumkan rencana mereka selama berkarier solo. J-Hope merilis album Jack in the Box, manggung di festival Lollapalooza di AS, dan merilis serial dokumenter.


LARIS MANIS, album Proof BTS mendapatkan sertifikasi silver di Inggris.-Bighit Music-

Suga—dengan nama alias Agust D—meluncurkan album ketiga, D-Day. Diikuti dengan konser di AS dan Asia Pasifik (termasuk Jakarta) Mei lalu.

BACA JUGA: ARMY Pasti Happy! Sebelum Layover, V BTS Bakal Rilis Ulang MV 3 Lagu Lama, Apa Saja?

Jimin merilis album Face. Jungkook merilis single berjudul Seven yang meledak gila-gilaan. Sementara V siap-siap melepas album solo perdana, Layover, bulan depan.

Karena itulah, Proof menjadi sangat penting sebagai pijakan para member sebelum menentukan arah karier mereka selanjutnya.

’’Album Proof istilahnya adalah waktu buat kami mengambil nafas sejenak. Kami perlu mundur sebentar dan menjernihkan pikiran. Untuk menentukan arah kami selanjutnya, baik sebagai individu maupun sebagai grup,’’ papar Jimin.

BACA JUGA: Seven Antar Jungkook BTS Catat Rekor Baru di Spotify, 28 Hari di Puncak Global Top Song!

’’Kami tidak pernah menyadari bahwa kami membutuhkan waktu rehat itu waktu menyusun album ini. Tapi ternyata butuh juga,’’ kata Jimin. ’’Kurasa kami semua memang harus berhenti sejenak untuk bisa terus melangkah maju,’’ tandas penyanyi berusia 27 tahun itu.

Apakah kalian sudah punya album Proof? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: soompi