Habib Husein bin Ja’far Al-Hadar: “Subuh Saat yang Tepat untuk GenZI Melakukan Perubahan”

Habib Husein bin Ja’far Al-Hadar: “Subuh Saat yang Tepat untuk GenZI Melakukan Perubahan”

Majelis Subuh GenZI yang rutin diselenggarakan pada hari Minggu di minggu pertama. Setiap bulannya MAS menghadirkan narasumber tamu yang berbeda-beda. -Alkha-

HARIAN DISWAY - Dalam Majelis Subuh GenZI (Generasi Z Islam) yang digelar di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, pada 3 September 2023, Habib Husein bin Ja’far Al-Hadar menyinggung waktu Subuh yang menjadi kunci dari suatu perubahan.

 

Subuh sendiri adalah pembelah dari waktu gelap menuju waktu terang. “Di waktu itulah adalah saat yang tepat untuk generasi milenial dan generasi Z melakukan perubahan,” katanya. 

 

Begitu agungnya Subuh, Allah sampai membahasnya dalam Surat Al-Falaq. Dijelaskannya, Al-Falaq itu menurut para ulama, salah satu maknanya adalah waktu Subuh.

 

Falaq itu artinya membelah. Diartikan Subuh karena Subuh itu membelah gelapnya malam agar terbit terangnya siang. “Nama Allah dalam Surat Al-Falaq juga Tuhan pengendali, Tuhan penguasa waktu Subuh sebagai simbol siang dan malam," terangnya.

 

Nabi Muhammad SAW pun setiap mau tidur dan bangun pagi selalu membaca Al-Muawwidzatain yang terdiri dari surat Al-Falaq, An-Nas, dan Al-Ikhlas, kemudian ditiupkan ke tangannya dan dibalurkan ke seluruh tubuhnya.

 

Tujuannya adalah untuk melindungi dari kejahatan manusia dan segala kejahatan makhluk ciptaan Allah apa pun bentuk kejahatan itu, serta segala godaan, iri, dengki, hasut, dan sihir dari bangsa jin maupun dari bangsa manusia.

 

Majelis Subuh GenZI rutin diselenggarakan pada hari Minggu di minggu pertama. Setiap bulannya MAS menghadirkan narasumber tamu yang berbeda-beda. Seperti biasa, acara dimulai pada pukul 04.00 WIB yang dimulai dengan salat Subuh. 

 

Melihat banyaknya peserta anak muda yang datang dalam forum, Habib Husein mengapreasiasi. Dia memuji dan kagum.

 

Dijelaskannya bahwa Nabi dikatakan dalam satu riwayat dari Imam Ahmad bahwa Allah terkagum-kagum kepada anak muda yang mampu melawan kecenderung kepada hal-hal yang minimal sia-sia dan maksimal maksiat. 

 

“Setiap anak muda punya kecenderungan berbuat yang merugi itu. Dan kecenderungan yang buruk itu biasanya paling tidak terkendali pada waktu Subuh. Karena itu GenZI yang hadir ini sangat luar biasa karena mereka sudah bela-belain datang ke majelis Subuh ini,” katanya. (Alkha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: