Camelia Habiba Kawal Penambahan Biaya Operasional Balai RW di Surabaya

Camelia Habiba Kawal Penambahan Biaya Operasional Balai RW di Surabaya

Wakil Ketua Komisi A DPRD Surabaya Camelia Habiba. -Dokumentasi Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengapresiasi aktifnya balai rukun warga (RW) di Surabaya. Mulai tahun depan, setiap balai RW akan mendapat biaya operasional sebesar Rp 300 ribu tiap bulan. Begitu juga dengan rukun tetangga (RT) akan mendapat Rp 200 ribu tiap bulan.

Biaya ini berbeda dengan dana intensif. Ditujukan bukan untuk para pengurus. Melainkan untuk operasional RW/RT. Seperti bayar listrik, perawatan gedung, dan lain-lain.

DPRD Surabaya mendukung wacana itu. Apalagi, Wakil Ketua Komisi A DPRD Surabaya Camelia Habiba memang telah lama mengusulkan bantuan anggaran operasional bagi RT dan RW tersebut. 

“Wajar, ya. Sekarang ini beban RW itu sangat bertambah. Dengan Balai RW menjadi pusat pelayanan pemerintah terbawah kita harus support,” katanya. Kegiatannya makin variatif. Mulai dari ngaji rutin bareng, sinau bareng, hingga Puspaga yang harus dioptimalkan.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menegaskan, dirinya akan mengawal terus rencana penambahan biaya atau anggaran operasional. Sebab, rencana itu harus masuk ke dalam APBD 2024 Surabaya.

Banyaknya program dan kegiatan di Balai RW tidak boleh membebani masyarakat. Misalnya, dengan penarikan iuran. Tentu itu justru menghambat program. “Jadi, penambahan anggarn untuk operasional ini memang sangat penting,” jelasnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: